3 Jenis Bisnis Retail Adalah

Bisnis Nov 01, 2017 No Comments

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan menguntungkan adalah bisnis retail yang saat ini banyak dilirik oleh para investor. Bisnis retail adalah bisnis yang dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe, yaitu :

 

1. Tipe ownership atau bisnis retailer atas kepemilikan

Tipe bisnis retailer ini merupakan bisnis retailer yang dimiliki oleh perseorangan. Ada beberapa macam tipe bisnis retailer owner diantaranya adalah :

  • Single store retailer

Tipe bisnis retailer ini banyak dimiliki oleh masyarakat dan umumnya luas bangunannya dibawah 100 meter persegi.

  • Rantai toko retailer

Ini merupakan jenis usaha retailer yang telah memiliki beberapa cabang sehingga saling berkaitan seperti rantai. Biasanya bisnis ini dimiliki oleh suatu institusi bukan perseorangan.

  • Toko waralaba

Bisnis retail ini dibangun atas dasar kontrak kerja bagi hasil atau waralaba. Bisnis ini banyak dilirik oleh para pengusaha karena resiko kerugian dapat ditanggung bersama.

 

2. Tipe bisnis retailer category atau atas merchandise

Beberapa jenis tipe bisnis retailer category diantaranya adalah :

 

  • Specially store

Toko ini merupakan toko retailer yang menjual jenis produk tertentu saja seperti apotek yang hanya menjual obat-obatan, toko optic yang hanya menjual produk optic saja, dan masih banyak lainnya.

  • Grocery store

Toko ini merupakan toko retailer yang menjual berbagai macam produk kebutuhan pokok sehari-hari. Toko ini biasa disebut sebagai toko serba ada seperti swalayan.

3. Bisnis retailer berdasarkan luas area

Beberapa jenis bisnis retailer ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah:

  • Kios

Kios merupakan salah satu toko retail yang menjual berbagai bahan pokok dalam skala kecil. Pada umumnya luasnya kurang dari 100 meter persegi.

  • Minimarket

Saat ini banyak sekali minimarket yang menjamur di masyarakat. Pada umumnya minimarket memiliki luas bangunan sekitar 100-1000 meter persegi.

  • Supermarket

Supermarket merupakan toko retailer yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok dalam skala yang cukup besar. Luas bangunan usaha ini sekitar 1000-5000 meter persegi.

  • Hypermarket

Hypermarket merupakan jenis retail yang menjual hampir semua jenis produk barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Luas bangunannya lebih dari 5000 meter persegi.

 

Itulah beberapa tipe bisnis retail yang harus diketahui oleh para investor yang ingin menanamkan modalnya dibidang ini. Semua kegiatan investasi di negara ini dikoordinasi oleh BKPM.

 

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *