4 Hal yang Dapat Tingkatkan Kualitas Manajemen Keuangan Keluarga

Pendidikan Jan 20, 2016 No Comments

Salah satu ciri bahwa kamu telah menerapkan manajemen keuangan keluarga yang tepat adalah selaku bisa menghindari krisis finansial dalam rumah tangga, meskipun tingkat kebutuhan juga senantiasa meningkat. Terkadang ada beberapa orang yang meskipun memiliki gaji tinggi namun tak dapat menerapkan prinsip managemen tersebut, karena memang konsumsi juga terbilang tinggi, gaya hidup semacam ini sebenarnya perlu Anda ubah segera karena ada indikasi kurang sehat.

Pengelolaan keuangan keluarga tak hanya masalah semua kebutuhan bulanan tercukupi, namun juga bagaimana cara kamu untuk dapat menyisihkan sebagian uang tersebut untuk keinginan lainnya. Siapapun itu pasti memiliki keinginan membeli sesuatu baik itu wujudkan kendaraan idaman maupun rumah baru, jadi Anda sudah pasti harus menabung, jika dirasa terlalu sulit berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  1. Jalan-jalan bersama maka bedakan antara kebutuhan dan keinginan, ada kalanya kamu melakukan shopping dengan anggota keluarga yang lainnya, nah jangan selalu mengutamakan lapar mata dan membeli semua yang Anda rasa menarik, namun pikirkan terlebih dahulu apakah ini termasuk sebagai kebutuhan atau mungkin hanya keinginan sesaat ini cukup efektif dalam menekan pengeluaran.
  2. Selalu hidup sehat, terkadang nilai pengeluaran terbanyak bukan untuk kebutuhan sehari-hari melainkan dalam berobat, coba hitung saja berapa nilai yang harus dikeluarkan oleh mereka yang selalu sakit, tentunya banyak apalagi biaya berobat sekarang juga mahal, untuk itulah sebaiknya Anda mengusahakan gaya hidup yang sehat.
  3. Agar biaya pengeluaran lebih hemat sebaiknya bawa bekal saat bekerja maupun ke sekolah, dengan begini nantinya mereka dapat menghemat uang untuk makan, selain itu kesehatan juga bisa terjaga karena anda tak jajan sembarangan.
  4. Sisa uang gunakan untuk investasi sesuatu yang nilainya bisa meningkat, contohnya saja membeli emas atau mungkin tanah, instrumen investasi yang memang sangat berprospek tinggi.

Tak sulit bukan untuk tingkatkan kualitas manajemen keuangan keluarga Anda, jika ada niat kuat maka tak sulit agar dapat mewujudkan hal tersebut.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *