4 Kiat Sukses Mengerjakan Tes TPA untuk Masuk Universitas Maupun Tes Kerja

umum Nov 13, 2017 No Comments

tes tpa untuk kerja

Tak terasa bahwa sebentar lagi sudah mulai pembukaan penerimaan peserta didik baru untuk mengisi tempat di perguruan tinggi negeri. Bagi Anda yang memang tidak diterima masuk ke PTN khususnya adalah jalur undangan, maka jangan takut, karena masih ada banyak kesempatan yang bisa dipersiapkan agar bisa masuk dengan jalur yang satu ini. Yaitu tes tulis, hasilnya lebih valid karena berdasarkan dari kepintaran Anda sendiri dalam menjawab soal-soalnya.

Umumnya ada 2 macam bidang yang diujikan disini, diantaranya adalah bidang pendidikan dasarnya, misalnya adalah IPS dan juga IPA, kemudian dari bidang TPA atau tes potensi akademik. Khusus untuk jenis yang satu ini umumnya bukan hanya diujikan kepada calon mahasiswa saja, melainkan juga kepada Anda yang akan mengikuti tes lamaran kerja juga akan dihadapkan pada hal yang serupa. Agar tidak gagal pada bidang yang mencerminkan diri Anda tersebut, maka berikut ini ada beberapa tips dalam mengerjakannya, diantaranya adalah:

  1. Lebih sering berlatih, umumnya tes TPA ini sendiri yang paling banyak variasinya, sehingga semakin banyak Anda berlatih maka nantinya juga akan kian mudah mendalami atau mengerjakan soal yang diujikan. Lebih banyak beli bukunya dan juga latihan mengerjakannya.
  2. Mengenal karakteristik soal tersebut, jika sudah berbicara mengenai karakteristik dari soal TPA maka jawabannya sangat beragam. Apalagi jenisnya juga sangat banyak, mulai dari geometri, numerik, sinonim, antonim dan juga kecepatan.
  3. Untuk tes vendal sebenarnya mereka hanya akan menguji kecerdasan bahasa Anda, cara latihannya adalah dengan memperbanyak kosa kata, kosa kata tersebut umumnya bisa didapatkan jika Anda senang dalam membaca, baik itu novel maupun dengan membaca koran yang tingkatan bahasanya memang tinggi.
  4. Tes numerik bisa diatasi jika Anda bisa menghitung secara cepat, selalu gunakan otak dan juga waktu. Sehingga nantinya soal bisa dikerjakan dengan baik dan benar.

Bagaimana apakah sekarang sudah siap menghadapi tes yang akan menentukan masa depan Anda tersebut, baik itu untuk mendapatkan pendidikan terbaik, maupun untuk masuk ke tempat kerja idaman.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *