5 Dosa di Website Online Store yang Harus Dihindari

Digital Marketing Jan 05, 2016 No Comments

Browsing di toko online adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika tampilan online shop tersebut menarik. Jika Anda adalah pebisnis yang mempunyai situs sendiri, memikirkan cara agar pengunjung betah dan melakukan transaksi adalah tujuan utama. Namun ada kalanya suatu website bisa dibilang buruk, membuat pengunjungnya kabur sebelum membeli. Kalau Anda menggunakan jasa pembuatan website toko online, Anda harus mendiskusikan apa saja elemen yang harus dihindari, dan mana yang harus di implementasi.

Beberapa elemen dari website yang sebaiknya ada dan harus dibuat oleh jasa pembuatan web toko online adalah desain yang simpel namun elegan, unik dan mudah diingat, halaman produk katalog yang terorganisir dan gampang dicari, serta tentu saja, waktu loading yang cepat. Namun kadang-kadang ada saja website yang tidak menanamkan prinsip tersebut, dan justru memberikan elemen yang menjengkelkan pengunjungnya.

Ketika Anda akan membuat website Anda sendiri, sebaiknya hindari hal-hal berikut ini:

  1. Autoplay music

Musik yang otomatis terdengar ketika tiba di website, dengan volume keras, sangat dibenci banyak pengunjung. Terutama karena waktu loading yang lama dan memakan kuota.

  1. Pop-up berlebih

Website tidak memberikan kesempatan pengunjung melihat halamannya sebelum tiba-tiba menyodorkan pop-up. Kecenderungannya, orang akan segera menutupnya.

  1. Sulit dibaca

Entah karena background gambar yang mengganggu, tulisan yang terlalu kecil atau warnanya terlalu terang, dan sebab lainnya, tidak ada orang yang senang matanya sakit.

  1. Informasi tersembunyi

Tak ada informasi jelas tentang sistem pembayaran, pengiriman, dll. Semua ‘tersembunyi’ di link yang harus diklik berulang-kali.

  1. Tidak update

Masih menjual barang yang sudah tak ada stok, mengucapkan selamat Valentine di bulan Mei, atau tanda-tanda lain bahwa website terkesan terbengkalai.

Masih banyak lagi ‘dosa’ dari online shop yang seringkali masih dilakukan, bahkan oleh pebisnis yang sudah lama berdiri sekalipun. Karena itu, sebaiknya Anda mengatasinya dari awal, dengan memilih jasa pembuatan website toko online yang memang bermutu seperti Partner Iklan, dan mendiskusikan apa konten yang sebaiknya harus dibuat, dan apa yang harus dihindari sebisa mungkin.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *