Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Statistika IPB?

Pendidikan Dec 08, 2015 No Comments

Berniat mendaftar ke Institute Pertanian Bogor? Apakah kamu sudah menentukan jurusan yang akan kamu pilih? Kali, ini saya akan membahas bidang studi Statistika yang ada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Departemen Statistika IPB merupakan departemen pertama pendidikan tinggi statistik dan terbaik di Indonesia. Hal ini terbukti dengan dipercayanya departemen tersebut oleh banyak perusahaan dan instansi pemerintah sebagai pusat pengembangan statistika. Hm.. sebenarnya apa yang dipelajari di jurusan Statistika?

Pada dasarnya, ilmu statistika merupakan ilmu pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data untuk analisis kuantitatif dan kualitatif dalam menarik kesimpulan secara sah. Jadi, kamu akan menggunakan teknik statistika dan cara ilmiah untuk mengartikan kumpulan data. Salah satu contohnya adalah penghitungan suara saat Pemilu. Ratusan juta suara rakyat Indonesia harus dapat dikumpulkan dan dihitung dalam waktu sesingkat mungkin. Namun dengan ilmu statistik, lembaga riset dapat memperoleh hasil hanya beberapa jam setelah pemungutan suara selesai. Mereka mampu meramalkan sesuatu (apapun yang dapat dihitung) dengan tingkat kesalahan yang sangat kecil.

Jika kamu memilih jurusan ini, sudah pasti kamu harus menyukai pelajaran matematika karena kamu akan terus-menerus bertemu dengan angka. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena lulusan Jurusan Statistika IPB memiliki prospek dan lapangan kerja yang cukup luas. Kamu dapat bekerja di pusat penelitian dan riset berbagai instansi swasta maupun pemerintah dalam bidang pemasaran, politik, perbankan, asuransi, perencanaan media, dan lain-lain.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *