Asal Sate Ayam, Makanan Favorit Indonesia

kuliner Nov 02, 2017 No Comments

Sate merupakan salah satu makanan Indonesia yang dibuat dari daging yang dipotong kecil biasanya berbentuk dadu kemudian ditusuk menggunakan tusuk yang umumnya terbuat dari bambu atau tulang daun kelapa kemudian dimasak dengan cara dipanggang di atas bara yang terbuat dari batu bara, arang kayu, atau batok kelapa. Bumbu daging yang digunakan untuk membuat sate berbeda tergantung daerah asal sate tersebut, begitu pula dengan sausnya. Saus sate juga sangat tergantung dari daerah asal sate tersebut. Namun, pada umumnya sate ayam akan diberi saus kacang sedangkan sate kambing dan sate kerbau biasanya diberi saus kecap pedas atau biasa kita sebut sambal kecap, sedangkan dibeberapa daerah seperti Padang sate sapi diberi saus seperti kuah kari kental dengan banyak rempah khas masakan Sumatera.

Asal Sate Ayam, Makanan Favorit Indonesia

Menurut sejarah, sate merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari pulau Jawa dan saat ini dapat Anda temukan di kota mana pun Anda berada dan sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Sate juga dikatakan menjadi salah satu akanan favorit di negara Belanda karena pengarh budaya Indonesia yang cukup kental. Jika disandingkan dengan makanan di negara lain, sate ini merupakan salah satu jenis makanan yang serupa dengan shish kebab dari Turki, atau yakitori dari Jepang yang memiliki ciri khas terbuat dari daging yang dipotong kecil dan ditusuk menggunakan suatu alat penusuk serta disantap dengan saus spesial yang khas dan nikmat. Sate ayam merupakan salah satu jenis sate yang paling mudah kita temukan disetiap kota di Indonesia. Sate ini memiliki ke khasan disantap dengan ketupat atau lontong dengan siraman saus kacang lembut dan kecap manis dengan irisan bawang merah, cabai, serta acar sebagai pelengkapnya.

 

Untuk membuat sate ayam dengan bentuk dan tampilan yang menarik, daging ayam yang sudah ditusuk biasanya diberi bumbu tertentu seperti campuran kunyit dan rempah lainnya untuk memberikan warna pada daging ayam sehingga daging memiliki warna kuning hingga ke jinggaan. Bisa juga menggunakan kecap manis yang selain akan memberikan warna yang kecoklatan pada daging citarasanya pun menjadi lebih manis dan gurih. Setelah dicepup bumbu, daging ayam yang sudah ditusuk biasanya baru dibakar di atas bara api. Jika sudah matang Anda bisa menikmatinya dengan sepiring nasi hangat, ketupat, atau lontong dengan siraman saus kacang kental, kecap manis, dan bahan pelengkap lainnya yang membuat sate lebih nikmat.

Selain sate ayam, masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang memiliki kelezatan yang tidak dapat dibandingkan satu dengan lainnya. Untuk mendapat informasi mengenai kuliner Indonesia lainnya, situs Indonesia Travel merupakan situs yang paling lengkap dan sangat cocok Anda kunjungi.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *