Benarkah Senam Hamil Tidak Membuat Persalinan Lebih Mudah?

Kesehatan Aug 28, 2018 No Comments

Meskipun sudah banyak penelitian yang mengatakan tentang pentingnya senam hamil, namun masih banyak juga ibu hamil yang skeptic terhadap olahraga ini.

Benarkah Senam Hamil Tidak Membuat Persalinan Lebih Mudah

Bahkan kadang ada yang mengatakan bahwa meskipun melakukan senam, ketika terjadi persalinan normal, akan lebih banyak panic sehingga tidak mempraktekkan apa yang diajarkan pada senam tersebut.

Memang pada dasarnya manfaat yang akan didapatkan oleh seseorang atas senam ini tergantung pada individunya masing-masing. Artinya tidak mungkin semua pasien akan merasakan hal atau manfaat yang sama, karena tiap individu berbeda.

Sebenarnya tidak sulit mengukur manfaat senam ibu hamil. Namun ada syarat minimal yang harus dipenuhi yang juga bisa anda gabungkan dengan gerakan olahraga untuk ibu hamil, antara lain :

  1. Pola pikir. Jika diawali dengan pola pikir negative, maka hasilnya tentu tidak akan maksimal.
  2. Lakukan secara rutin. Jika anda melakukan ini dengan bantuan instruktur, tidak ada salahnya ketika tidak ada jadwal, melatih sendiri gerakan-gerakan tersebut di rumah.

Ketika syarat diatas terpenuhi, maka kemungkinan senam hamil memberikan efek positif pada persalinan akan semakin besar. Hal ini didasarkan pada fakta berikut:

  1. Pada senam hamil, akan diajarkan 3 hal mendasar yaitu : pelemasan otot, gerakan-gerakan senamnya sendiri dan rileksasasi pernapasan.
  2. Gerakan senam ini, tentu bermaksud untuk memperkuat otot panggul, bokong dan organ-organ lain yang berhubungan dengan persalinan normal.
  3. Pernapasan merupakan kekuatan dasar bagi ibu yang menghadapi persalinan normal. Dengan adanya latihan rileksasi pernapasan tentu ibu hamil memiliki kemampuan dan pengetahuan bagaimana mengambil nafas sehingga tidak merasa kesulitan untuk mengatur posisi saat hamil.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply