Cara Mengatasi Kolesterol Dan Kenali Gejala-gejalanya

Kesehatan Dec 07, 2015 No Comments

Usia-usia tua memang cukup rentan terhadap berbagai macam penyakit yang umumnya disebabkan karena kolesterol, tentunya banyak diantara Anda yang sudah mulai waspada terhadap asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bukan, mengingat kebanyakan kesalahan konsumsi makanan ini dapat menyebabkan penumpukan kolesterol jahat. Pemahaman mengenai cara mengatasi penyakit kolesterol sangat diperlukan jika kamu menginginkan organ dalam tetap sehat.

Tips mengatasi kolesterol sebenarnya bisa dimulai dari konsumsi makanan, beberapa jenis makanan memiliki sumbangsih terbesar terbentuknya kolesterol jahat, meskipun pada dasarnya kolesterol ini memiliki fungsi yang sangat bagus dalam pembentukan dinding sel, namun jika jumlahnya berlebihan ia bisa balik menyerang menjadi kolesterol jahat, Anda yang sudah terjangkit masalah kolesterol jahat ini biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti :

  • Nyeri pada bagian kaki, sebagian mengidentikkannya sebagai penyakit sendi, namun berbeda nyeri disini dikatakan sebagai klaudikasino atau terjadinya penyumbatan di bagian arteri sehingga aliran darah tak bisa bekerja sebagaimana mestinya, rasa sakit pada awalnya hanya di bagian betis saja, namun jika terus dibiarkan akan menuju hingga pantat dan bagian tulang belakang.
  • Kram di malam hari, pada saat beristirahat mungkin Anda juga akan mengalami gejala seperti kram yang menyebabkan sulit bangun, jika sudah memasuki gejala ini kolesterol sudah tak bisa lagi Anda remehkan. Kram tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga posisi tidur agar tetap nyaman dengan berbaring tegak.
  • Warna kuku berubah, mereka yang memiliki penyakit anemia bisa dilihat dari warna kukunya yang pucat, sama hanya dengan penderita kolesterol, karena aliran darah dari jantung terhambat oleh sumbatan-sumbatan kolesterol maka terjadi masalah dengan tak meratanya persebaran darah yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh paling ujung layaknya kuku berubah warna menjadi pucat.
  • Kulit memucat, selain kuku ternyata sumbatan aliran darah juga menyebabkan warna kulit berubah, yang dulunya segar menjadi lebih pucat.

Bagi Anda yang sudah merasakan gejala tersebut sebaiknya melakukan pengobatan secepat mungkin karena kolesterol ini berbahaya bagi kesehatan Anda, kenali juga cara mengatasi kolesterol alami sebagai langkah penanganan utama.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *