6 Tips Mencuci Baju Kaos Sablon Supaya Gambarnya Tak Mengelupas

umum Dec 27, 2016 No Comments

6 Tips Mencuci Baju Kaos Sablon

Baju kaos adalah baju yang sangat sering dipakai lantaran nyaman dan banyak memiliki desain gambar yang keren-keren. Apalagi kalau Anda mengunjungi distro, pasti banyak sekali baju dengan desain sablon yang akan jarang Anda temukan di tempat lain. Tapi di satu sisi, sablon di baju membuatnya agak sulit untuk dibersihkan tanpa mengganggu gambarnya. Bagaimana tips mencuci baju dan cara merawat pakaian sablon ini?

Tidak semua jenis sablon yang dipakai di kaos-kaos tersebut bisa bertahan lama. Bahkan jika Anda jarang memakainya sekalipun, ada saja sablon kaos yang ternyata tetap pudar. Padahal, yang namanya kaos adalah termasuk pakaian yang paling enak dipakai. Tapi mencucinya butuh trik tersendiri kalau Anda tak mau sablon di baju tersebut luntur. Kalau desain keren yang di permukaannya hilang, kaos tentu jadi tak menarik lagi.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk mencuci baju sablon tanpa memudarkan gambarnya? Ikuti tips cuci baju berikut:

1.Setrika dulu
Sebelum mencuci baju, lapisi bagian sablon kaos dengan kertas HVS dan setrika baju tersebut.

2.Rendam secara singkat
Dengan deterjen Rinso cair yang lembut, rendamlah kaos Anda. Jangan sampai merendam kaos yang baru lebih dari 30 menit. Itu waktu maksimal. Kalau kaos lama, jangan sampai melebihi 1 jam.

3.Pisahkan baju
Antara kaos dengan warna yang kuat dan kaos putih harus dipisah agar tak kelunturan. Demikian juga dengan tingkat kotorannya.

4.Cuci dengan tangan
Hindari mencuci kaos sablonan dengan mesin cuci karena kaos bisa gampang melar dan sablonan terkelupas. Cukup cuci dengan tangan saja tapi jangan kucek terlalu kuat maupun disikat.

5.Jemur terbalik
Sinar matahari sanggup membuat warna kaos dan sablonannya pudar. Jadi baliklah dulu kaos sehingga bagian dalamnya menghadap keluar. Hindari menggantung kaos dengan hanger.

6.Setrika saat kondisi benar-benar kering
Jangan setrika di saat masih agak basah kalau Anda tak mau kaos melar.

Setelah mencuci kaos sablon dengan benar, Anda bisa merawat kaos lebih lanjut dengan cara berikut:

Pakai kaos seperlunya, tapi jangan pernah pakai kaos sablon untuk tidur. Saat tidur, Anda bisa bergerak kesana-kemari dan merusak sablon.
Hindari pelembut maupun pewangi yang terlalu keras kadarnya karena akan bisa merusak baju. Makanya, sebaiknya pakai Rinso seperti Rinso Molto Silky yang tak mengandung pemutih maupun enzim yang keras.
Ketika setrika, balik kaos dan jangan sampai setrika menyentuh sablon secara langsung.

Itulah tips mencuci baju untuk baju kaos sablon yang harus Anda lakukan kalau ingin sablonan awet. Meski baju kaos sekilas terlihat sangat mudah dicuci, masalahnya akan beda kalau Anda memiliki kaos sablonan. Jadi daripada nanti Anda menyesal karena gambar keren di depannya makin pudar, sebaiknya rawat dari awal agar baju dan desainnya tetap awet.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *