Cara Merawat Wadah Plastik

umum Aug 29, 2018 No Comments

Wadah penyimpanan makanan maupun minuman yang paling sering kita temukan adalah wadah plastik. Bagaimana tidak, material plastik ini tergolong murah serta bobotnya ringan. Selain itu, macam-macam wadah berbahan plastik juga dapat kita temukan dengan mudah. Mulai dari plastik sekali pakai sampai dengan plastik yang dapat digunakan berkali-kali dengan karakteristik bahan yang tebal serta tahan panas. Untuk menjaga keawetannya, kita harus tahu bagaimana cara perawatan wadah berbahan plastik ini. Dengan perawatan yang benar, bahan plastik pada wadah makanan akan dapat bertahan lama serta digunakan dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa tips dalam perawatan wadah berbahan plastik.

 

  1. Pakai Wadah Sesuai Fungsi dan Instruksi

Sebelum menggunakan wadah plastik, perhatikan instruksi pemakaian serta fungsinya. Ada wadah yang bisa digunakan sebagai isi makanan atau minuman panas, namun ada juga yang tidak. Jangan memaksakan wadah yang tak bisa diisi makanan atau minuman panas sebagai tempat penyimpanan tersebut. Ada juga botol plastik yang hanya digunakan sekali saja, seperti wadah air mineral. Jangan gunakan botol tersebut untuk pemakaian berkali-kali karena akan merugikan kesehatan. Perhatikan kode angka di bagian bawah botol, angka 5 adalah yang paling baik sebagai tempat penyimpanan makanan atau minuman.

 

  1. Simpan Wadah Secara Benar

Selain cara penggunaan, penyimpanan wadah plastik juga harus dilakukan secara benar. Botol berisi air mineral, contohnya, seharusnya tak mendapat pancaran sinar matahari secara langsung untuk menghindari kerusakan isi serta wadah. Ada juga wadah plastik yang tidak tahan berada dalam tempat panas sehingga seharusnya tak dimasukkan dalam microwave. Simpan wadah dengan baik dan benar agar tetap awet, tahan lama serta tidak membahayakan kesehatan. Penyimpanan yang baik adalah dalam lemari atau rak yang terhindar dari sinar matahari langsung, benda-benda tajam serta bau menyengat ataupun bahan kimia.

 

  1. Cuci Wadah secara Benar

Pencucian memegang peranan penting dalam perawatan wadah plastik. Pencucian yang disarankan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring yang mengandung bahan pembersih efektif. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan seperti baking soda, minyak kelapa hingga jeruk lemon agar wadah berbahan plastik tetap awet dan terjaga kebersihannya.  Apabila wadah ini mengeluarkan bau, jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam lamanya. Kita juga bisa meletakkan wadah dalam freezer selama beberapa jam agar baunya menghilang. Letakkan koran basah dalam wadah untuk menyerap bau sebelum membersihkannya agar noda menghilang dan bau bisa disamarkan. Jika perlu, gunakan pula antiseptik dalam pembersihannya agar wadah semakin bersih dan bebas kuman.

 

Sabun pencuci anti bakteri terutama akan sangat diperlukan dalam pencucian wadah berbahan plastik. Pasalnya, wadah ini akan digunakan untuk menyimpan aneka makanan maupun minuman. Kebersihannya jelas merupakan faktor penting yang tak boleh dilewatkan. Pemakaian sabun cuci anti bakteri akan membuat wadah berbahan plastik tetap aman digunakan karena terhindar dari noda, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat dalam bentuk kuman dan bakteri. Tentunya akan sangat merugikan apabila bakteri ini masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan aneka gangguan kesehatan.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply