Cara Pengajuan NPWP Sebagai Syarat Perizinan Usaha dan Faq

umum Nov 13, 2017 No Comments

Dalam mengajukan permohonan surat perizinan usaha perorangan maupun kelompok dibutuhkan beberapa kelengkapan dokumen salah satunya adalah NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP merupakan nomor yang diberikan oleh badan perpajakan kepada perseorangan atau lembaga untuk memenuhi hak dan kewajibannya dalam urusan pajak. Bagaimana cara membuat NPWP?

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan NPWP untuk badan usaha:

1. Membawa dokumen persayaratan

Dokumen yang harus dilengkapi untuk mengajukan NPWP badan usaha meliputi:

  • Fotocopy akta pendirian usaha
  • Fotocopy kartu NPWP dari salah satu pemegang usaha atau pemilik usaha
  • Fotocopy surat keterangan domisili atau tempat tinggal
  • Fotocopy surat izin usaha yang diterbitkan oleh instansi setempat
  • Lembar bukti pembayaran tagihan listrik

2. Isi formulir dengan benar dan lengkap

Setelah semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan telah lengkap maka langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pengajuan NPWP usaha dengan benar dan lengkap. Setelah formulir diisi dengan lengkap maka jangan lupa untuk mendatanginya sebagai tanda persetujuan.

3. Setor formulir ke petugas

Langkah selanjutnya adalah menyetor kembali formulir yang telah diisi beserta semua dokumen yang dibutuhkan kepada petugas layanan pajak. Petugas akan mengecek semua kelengkapan berkas dan isian formulir, jika terdapat dokumen yang kurang atau isian formulir yang kurang tepat maka petugas akan mengembalikan formulir untuk diperbaiki. Jadi pastikan kelengkapan semua dokumen dan isian formulir dengan benar dan tepat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Ambil kartu NPWP

Setelah semua proses berjalan dengan baik maka langkah terakhir yaitu tinggal mengambil kartu NPWP. Proses pembuatan NPWP biasanya membutuhkan waktu selama 7 hari atau lebih dan petugas akan menghubungi jika NPWP sudah jadi.

Itulah prosedur pengajuan NPWP sebagai persyaratan pengajuan izin usaha. Lamanya pembuatan untuk melengkapi dokumen merupakan salah satu hambatan yang sering hadapi dalam perizinan usaha dan faq sehingga para investor mengalami keterlambatan dalam menjalankan usaha. Para investor yang tertarik untuk menanamkan modal dalam berbagai bidang usaha di Indonesia harus berurusan langsung dengan BKPM sebagai badan yang mengkoordinasi semua kegiatan investasi.  

 

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *