Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

umum Jul 19, 2016 No Comments

dongeng untuk anak

 

Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

mari-bicara.com Salah satu kegiatan sebelum tidur untuk anak-anak di samping mencuci kaki, tangan dan menyikat gigi biasanya adalah mendengarkan cerita dongeng anak. Sesuai namanya, cerita ini berupa dongeng anak-anak dengan jalan cerita yang sederhana, tokoh hitam putih yang mudah untuk dibedakan antara antagonis dan protagonis serta memiliki pesan moral di dalamnya. Cerita dongeng ini bisa berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri Indonesia saja. Cerita yang berasal dari Indonesia umumnya adalah cerita rakyat yang berbeda-beda di tiap daerah. Sementara cerita dongeng yang berasal dari luar negeri biasanya adalah kisah putri-putri Disney dan pangeran.

Kisah dari Indonesia ataupun luar negeri, dongeng-dongeng ini tidak hanya menjadi hiburan untuk anak-anak menjelang waktu tidur tapi juga memberikan mereka pelajaran dengan cara yang menyenangkan serta lebih mudah untuk dipahami. Orangtua bisa menceritakan kisah-kisah ini dengan dilengkapi alat peraga khusus seperti boneka tangan ataupun boneka kertas. Kegiatan berbagi cerita dongeng anak akan menjadi lebih seru dan disukai oleh anak-anak. Imbasnya, nilai-nilai positif dalam cerita tersebut akan semakin dimengerti dan dipahami oleh anak-anak. Orangtua juga bisa menceritakan dongeng-dongeng ini secara bergantian, tidak melulu dongeng Indonesia ataupun dongeng luar negeri melainkan diselang-seling. Tujuannya adalah agar anak tidak mudah bosan dan semakin menunggu-nunggu saat dongeng sebelum tidur.

cerita dongeng anak

Kisah-kisah dongeng tidak harus diceritakan menjelang waktu tidur. Orangtua juga bisa memanfaatkan waktu istirahat di siang hari bersama anak untuk menceritakan kisah-kisah dongeng ini. Nikmati waktu berkualitas bersama anak di siang hari untuk mengisahkan dongeng-dongeng yang menarik. Untuk semakin menghangatkan suasana, dapat ditambahkan konsumsi cemilan atau makanan ringan. Termasuk di antaranya adalah minuman hangat seperti teh manis agar orangtua serta anak semakin bersemangat dalam berbagi cerita dongeng anak ini. Salah satu minuman hangat yang bisa dipilih adalah teh Sariwangi. Sariwangi memiliki rasa dan juga aroma yang khas sehingga cocok untuk dijadikan selingan di sela-sela menceritakan dongeng untuk anak-anak. Selamat menceritakan dongeng anak dengan teh Sariwangi.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *