Deretan Kuliner Khas Banjarmasin yang Harus Dicicipi

kuliner Oct 26, 2016 No Comments
Kuliner Khas

Deretan Kuliner Khas Banjarmasin yang Harus Dicicipi

Deretan Kuliner Khas Banjarmasin yang Harus Dicicipi

Menjadi salah satu kota besar yang ada di Kalimantan, Banjarmasin telah menjadi salah satu destinasi wisata yang dilirik oleh masyarakat untuk dikunjungi. Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang terkenal, namun juga kuliner khas yang lezat-lezat. Nah, ingin tahu apa saja kuliner yang khas di Banjarmasin ? Berikut ini ulasannya :

1. Soto Banjar
Soto Banjar bukan lagi hanya dikenal di Banjarmasin dan sekitarnya saja, namun sudah dikenal di berbagai negara di Indonesia. Jika anda punya kesempatan datang ke Banjarmasin, jangan sampai terlewat untuk mencicipi Soto Banjar yang khas di daerah ini. Bahan rempah-rempah terbaik yang dimasak bersama dengan daging sapi berkualitas sebagai bahan utamanya, membuat Soto Banjar punya cita rasa khas yang lezat. Kemudian yang menjadi khas dari Soto Banjar ini adalah isiannya. Dalam satu porsi Soto Banjar, disajikan nasi, telur, mie soun, perkedel kentang, sampai dengan wortel dan kemudian disiram dengan kuah soto yang khas bersama dagingnya. Jika suka, bisa juga diberikan tambahan air perasan jeruk nipis.

2. Ikan Patin Bakar dan Pepes Ikan Patin
Ikan Patin bisa disebut sebagai ikan khas di Kalimantan kaena memang banyak hidup di sungai-sungai yang ada di Kalimantan. Sehingga tak heran jika salah satu masakan khas di Banjarmasin adalah olahan dari Ikan Patin seperti Patin Bakar dan Pepes Patin. Kedua kuliner khas Banjarmasin ini telah dikenal kelezatannya. Meskipun Patin Baka dan Pepes Patin adalah dua makanan yang pengolahannya berbeda, namun kalau soal cita rasa, keduanya sama-sama lezat dan sama-sama punya ciri khas kelezatannya.

3. Amplang
Amplang merupakan jajanan khas Banjarmasin yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang ke kota sendiri. Amplang merupakan kerupuk yang dibuat dari ikan pipih, yaknbi ikan yang hidupnya di sungai ataupun rawa yang ada di Kalimantan. Akan tetapi untuk sekarang ini yang lebih sering digunakan adalah ikan gabus dan juga ikan tenggiri. Rasa dari amplang ini gurih dan ada aroma ikan yang membuat cita rasanya lezat.

4. Ketupat Kandangan
Kuliner khas Banjarmasin yang selanjutnya adalah Ketupat Kandangan. Makanan ini terbuat dari ketupat yang kemudian disiram dengan kuah khas yang sedikit mirip dengan opor. Menariknya, di beberapa rumah makan di Banjarmasin yang menyajikan makanan khas ini tidak bersama dengan sendok sehingga cara makannya menggunakan tangan secara langsung.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *