Hal-hal Positif Dari Sistem Pendidikan Homeschooling

Pendidikan Jan 21, 2016 No Comments

Homeschooling merupakan sebuah sistem pendidikan yang cukup memiliki daya tarik bagi sebagian kalangan. Namun ada pula beberapa kalangan yang beranggapan miring mengenai sistem pendidikan yang satu ini. Perlu diketahui bahwa homeschooling adalah sistem pendidikan yang legal dan resmi sehingga kegiatan belajar mengajar di dalamnya diakui oleh negara atau tidak melanggar aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Itulah sebabnya beberapa kalangan yakin untuk mendaftarkan anak tercinta ke salah satu homeschooling Indonesia dengan harapan sang anak bisa mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan juga bermanfaat.

Selain karena legalitasnya, pendidikan dari beberapa homeschooling terbaik Indonesia juga dipilih oleh beberapa kalangan orang tua untuk menghindari lingkungan buruk dari sekolah reguler pada umumnya. Banyaknya permasalahan mengenai tindak kekerasan di sekolah, pengaruh lingkungan yang tidak baik, bully dan lain sebagainya menjadi alasan mengapa pendidikan homeschooling lebih dipilih oleh sebagian orang tua untuk memberikan pendidikan yang dibutuhkan anak. Tingginya pengawasan dari orang tua dan efektivitas belajar yang berlangsung lewat homeschooling membuat anak menjadi lebih cepat menerima bahan-bahan ajar yang diberikan secara maksimal.

Ada juga beberapa hal positif lainnya yang didapatkan apabila sistem pendidikan homeschooling dijalani oleh anak, yaitu:

  • Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan penuh kekeluargaan.
  • Memiliki sistem kurikulum yang terdepan.
  • Pengaturan jadwal yang baik membuat anak disiplin tanpa terpaksa.
  • Mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan teman dan orang dewasa.
  • Menciptakan kedekatan antara anak dan orang tua.
  • Pengawasan menjadi lebih baik dan maksimal.

Sistem pendidikan di beberapa homeschooling Indonesia sangatlah berkualitas sehingga hal ini tak bisa dipandang sebelah mata. Banyaknya nilai-nilai positif dan dampak yang baik bagi anak maupun orang tua membuat homeschooling patut dipilih sebagai sarana pendidikan anak yang ideal. Banyaknya pengaruh buruk dari lingkungan sekolah umum yang tidak terduga bisa diminimalisir dengan mendaftarkan anak di salah satu homeschooling untuk menempuh pendidikan dengan lancar. Efektivitas pembelajaran yang diciptakan pasti memberi banyak manfaat yang baik untuk anak tercinta.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *