Hambatan Perizinan Usaha di Indonesia

Bisnis Oct 28, 2016 No Comments

Banyak para investor yang mengeluhkan kegiatan perizinan usaha di Indonesia karena terdapat banyak kendala. Kendala atau hambatan yang sering terjadi banyak disebabkan oleh birokrasi yang kurang baik dan lambatnya pelayanan. Jadi tak heran jika banyak pengusaha yang enggan untuk mendirikan usaha secara legal karena banyaknya hambatan dalam perizinan. Apa saja hambatan yang sering dihadapi oleh para investor dalam urusan izin usaha? Berikut adalah beberapa hambatan dalam perizinan pendirian usaha di Indonesia:

1. Kelengkapan dokumen

Untuk memperoleh surat izin usaha maka setiap investor harus melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan mulai dari KTP, KK, SKDP, surat akta pendirian usaha, NPWP, dan masih banyak lainnya. Semua dokumen yang dibutuhkan tersebut dikeluarkan oleh badan pelayanan yang berbeda-beda sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melengkapi semua persyaratan dokumen yang diperlukan. Semakin banyaknya dokumen yang harus dilampirkan untuk izin usaha dapat menghambat jalannnya usaha. Setiap investor harus mendatangi kantor pelayanan perizinan atau BKPM untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan.

2. Adanya perbedaan antara aturan yang telah ditetapkan dengan praktik dilapangan

Kerap sekali para investor mengalami kendala dalam menerapkan aturan yang berlaku dengan praktik yang ada dilapangan. Ternyata praktik dilapangan sangat berbeda dengan paraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti ketika seseorang ingin membuka usaha di Jakarta ternyata harus dilengkapi dengan KTP asli penduduk Jakarta. Hal ini tidak ada dalam peraturan yang telah ditetapkan tetapi pada kenyataannya sangat berbeda. Hal inilah yang menjadi salah satu hambatan seorang pengusaha untuk membuka peluang bisnis dan berkarya di dalam negeri sendiri.

3. Waktu pengurusan masih terlalu lama

Di negara lain waktu pengurusan perizinan sangat cepat yaitu hanya sekitar 1-2 hari saja, hal ini sangat bertolakbelakang dengan Indonesia yang membutuhkan waktu hingga 7 hari atau lebih. Lambatnya pelayanan dan ruwetnya birokrasi membuat waktu pengurusan izin usaha semakin lambat sehingga dapat menghambat pendirian usaha. Lambatnya waktu pengurusan ini juga dipengaruhi oleh system yang masih mengunakan system manual dan hanya sebagian kecil saja yang telah menggunakan system online.

Itulah beberapa hambatan yang sering dihadapi oleh sebagian besar pengusaha yang ingin mendapatkan surat izin usaha untuk melegalkan pendirian usaha yang mereka bangun.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *