Ini Tandanya Anak Siap Masuk Preschool

Pendidikan Dec 30, 2015 No Comments

Anak-anak usia dini terutama umur 2-4 tahun sebelum memasuki masa taman kanak-kanak biasanya masuk preschool atau pendidikan usia dini. Banyak preschool baik lokal ataupun international preschool yang dapat Anda pilih untuk anak Anda misalnya preschool Tutor Time. Tidak sedikit orang tua yang bingung memutuskan kapan anak cocok untuk masuk ke preschool. Hal tersebut dikarenakan tidak sedikit anak usia dibawah lima tahun atau balita yang seharusnya sudah dapat masuk preschool namun orang tua masih menilai jika anak tersebut belum siap walaupun di preschool anak juga akan diajari mengenai berbagai macam hal misalnya kebiasaan yang baik.

Baik untuk masuk preschool taraf international ataupun preschool lokal seperti PAUD yang ada di sekitar Anda, perhatikan tanda bahwa anak Anda telah siap untuk masuk ke pendidikan usia dini. Tanda pertama adalah ketika anak Anda sudah dapat untuk buang air sendiri minimal adalah buang air kecil sendiri. Walaupun di preschool anak Anda akan diajari dan dibiasakan namun hal ini sebagai antisipasi jika guru yang ada di preschool sedang sibuk atau tidak memungkinkan untuk mengantar anak Anda ke kamar mandi untuk buang air kecil. Sehingga sejak dini, Anda sebagai orang tua juga harus mengajarkan kepada anak sebelum memasuki masa preschool.

Tanda kedua bagi anak Anda telah siap masuk preschool adalah ketika anak Anda sudah berani untuk bermain sendiri walaupun hanya beberapa menit tanpa harus Anda temani. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak Anda sudah berani dan dapat untuk mengatur dirinya atau telah mandiri untuk bermain sendiri dan merasa nyaman ketika berada di dunianya sendiri.

Tanda ketika anak Anda siap masuk preschool termasuk international preschool adalah ketika anak Anda telah menunjukkan bahwa dia merasa nyaman untuk berada di tengah orang yang belum dia kenal dan menurut pada perintah yang sederhana seperti tolong untuk membuang sampah di tempatnya. Itu disebabkan karena masalah utama anak Anda, baik saat masuk preschool atau sekolah, adalah berpisah dengan orang tua ataupun pengasuhnya dan Anda dapat melatihnya dengan membawa ke tempat ramai seperti taman bermain.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *