IPB dengan Situs Sejarahnya yang Berharga

Pendidikan Dec 21, 2015 No Comments

Ketika Indonesia dipimpin oleh Soekarno pada tahun 1952 pertanian menjadi hal terpenting,karena indonesia sendiri merupakan negara agraris yang kaya akan lahan pertanian dan perkebunan, Maka dari itu beliau merubah IPB menjadi fakultas pertanian UI. Yang dimana Fakultas IPB sendiri telah didirikan oleh pemerintah hindia belanda pada abad ke-20. pada masa pemerintahannya beliau sangat tegas dalam hal menangani pertanian. Pertanian yang ada saat itu sangat berpengaruh terhadap bangsa indonesia, sehingga sekolah ini hingga sekarang masih bisa dirasakan oleh generasi penerus bangsa.

Tahun ketahun UI berkembang dan menyebar ke berbagai daerah dengan jurusan tertentu, seperti ITB. ITB merupakan fakultas yang berada dibandung dengan bidang studi teknik dan ilmu pengetahuan alam sehingga menjadi nama ITB (Institut Teknologi Bandung). Selain ITB, UI juga menyebar ke daerah bogor sendiri dengan nama IPB, Fakultas ini menyediakan bidang studi seperti fakultas pertanian, dan fakultas kedokteran hewan sering dikenal dengan IPB (Institut Pertanian Bogor). Daerah surabaya ada fakultas airlangga dan makassar universitas hasanuddin, kedua nama ini sama merupakan pecahan dari universitas UI.

Dalam bidang perkembangan pendidikan, UI juga masuk Jakarta pada tahun 1964, sering dikenal dengan nama IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan), namun sekarang nama ini mengalami prubahan menjadi UNJ (Universitas Negeri Jakarta).

Fakultas IPB sendiri kini berkembang dengan 5 fakultas seperti 3 fakultas pertanian, kehutanan, perikanan di baranangsiang, dan di gunung gede 2 fakultas seperti fakultas kedokteran hewan, dan peternakan. Selain itu menyusul dengan fakultas mekanisasi pertanian dan teknologi di tahun 1964.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *