Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Digital Marketing Jan 23, 2017 No Comments

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komuniaksi yang berfungsi untuk melakukan komunikasi data yang satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer sendiri memiliki berberapa jenis jaringan komputer, jaringan yang ada ini mulai dari yang sederhana sampai ke jaringan yang mencakup secara luas. Disini kami akan menyajikan informasi mengenai jenis-jenis jaringan pada komputer. Yang pertama yaitu PAN atau Personal Area Network, jenis jaringan komputer PAN merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Jenis jaringan PAN ini hanya berjarak empat sampai enam meter saja. Pada kehidupan sehari-hari sering kita menggunakan jaringan ini seperti menghubungkan gadjet atau hp dengan komputer.

Yang kedua yaitu LAN atau Local Area Network yang merupakan jaringan milik pribadi di dalam kampus atau sebuah gedung yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sendiri seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi, atau juga digunakan untuk worktation didalam kantor atau perusahaan serta pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya dan saling bertukar informasi yang diperlukan. LAN sendiri dapat digolongkan menjadi tiga kelompok berdasarkan kecepatan transmisi data yang pertama yatu Low speed PC Network, Medium Speed Network, dan High Speed Network. Kecepatan transmisi data pada Low Speed PC Network yaitu kurang dari 1 Mbps, biasanya pada Low Speed PC Network tersebut diterapkan untuk personal komputer.

Medium speed Network berkisar antara 1-20 Mbps, dan Medium Speed Network diterapkan untuk mini komputer. Kalau yang High Speed Network lebih dari 20 Mbps dan High Speed Network ini digunakan untuk mainframe komputer. Yang ketiga ada MAN atau Metropolitan Area Network, MAN ini merupakan versi LAN akan tetapi MAN memiliki ukuran yang lebih besar. Dari segi teknologi MAN sendiri menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel tidak hanya itu saja MAN ini juga mampu menunjang suara dan data. Yang terakhir atau yang keempat yaitu ada WAN atau Wide Area Network, WAN ini memiliki jangkauan mencakup daerah geografis yang luas bisa mencakup Negara bahkan Benua.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *