Kelebihan dan Kekurangan Banyaknya Penanam Modal Asing

Bisnis Nov 08, 2017 No Comments

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam dan sumber daya manusia yang sangat kaya. Tak heran jika Indonesia market selalu menjadi daya tarik para investor asing yang ingin menanamkan modalnya karena melihat potensi yang dimiliki negeri ini. Besarnya luas wilayah negara ditambah dengan kekayaan alamnya membuat Indonesia memiliki banyak hasil bumi yang dibutuhkan negara lain. Selain hasil bumi, tenaga yang dimiliki sumber daya manusianya juga memungkinkan untuk dibangunnya sebuah industri raksasa.

 

Karena berbagai potensi yang dimiliki Indonesia itulah banyak para investor yang ingin berinvestasi di Indonesia. Selain melihat dari kekayaan alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia, mereka juga melihat letak Indonesia yang strategis sehingga dapat dijadikan persinggahan rute perdagangan yang juga menguntungkan. Saat ini bahkan Indonesia termasuk negara yang mengekspor hasil bumi terbanyak seperti kopi, teh, tembakau dan kelapa sawit.

 Kelebihan dan Kekurangan Banyaknya Penanam Modal Asing

Selain dari hasil bumi, hasil perindustrian juga merupakan market Indonesia yang banyak diincar para investor, contohnya:

 

  • Industri tekstil,
  • Industri kayu,
  • Industri bahan bangunan,
  • Transportasi,
  • Industri kreatif.

 

Namun dengan semakin banyaknya investor asing yang memegang modal di pasar Indonesia, juga dapat berakibat buruk bagi sumber daya manusia kita. mereka terkadang hanya mau mempekerjakan warga negara asli yang sama dengan pemilik modal atau negara lain tertentu. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi pemegang sistem regulasi untuk lebih bisa melindungi para pekerja lokal.

 

Besarnya Indonesia market dapat dengan mudah dipelajari oleh investor luar dari situs website IDN Financial yang berbasis internet. Dengan IDN Financial para investor yang berkebangsaan lain tetap dapat mengakses informasi up to date dari perkembangan harga saham Indonesia. IDN Financial juga telah memfasilitasi pengunjungnya yang dari luar negara dengan pilihan bahasa yang mereka kuasai. Para investor dalam negeri juga jangan mau kalah untuk tetap dapat bersaing di negeri sendiri dengan cara membaca dengan jeli perusahaan mana saja yang patut dijadikan tempat investasi menguntungkan. Jangan sampai semua sektor yang memberi keuntungan dimiliki oleh para investor asing.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *