KPR, Menguntungkan Tapi Waspadai Resikonya

Properti Apr 08, 2016 No Comments

Membeli rumah sendiri? Di zaman sekarang ini hal tersebut terasa seperti mimpi saja. Harga properti yang naik habis-habisan membuat impian memiliki rumah sendiri, terutama bagi pasangan muda, menjadi semakin jauh saja. Tetapi Anda yang memang berniat melakukannya selalu mempunyai jalan untuk mendapatkan rumah KPR. Apalagi biasanya pengembang seperti Perumnas mengadakan rumah murah terjangkau bagi Anda yang ada di ekonomi bawah.

Terlepas dari itu, hunian KPR sendiri memang memiliki untung ruginya sendiri. Keuntungannya misalnya:

  1. Legal

Anda tak perlu khawatir soal surat-suratnya, karena legalitas dari rumah yang dibeli dengan cara ini sudah beres. Apalagi jika dari Perumnas, yang merupakan pengembang resmi dan sudah terpandang.

  1. Siap huni

Ini mungkin salah satu keuntungan utama dari rumah bersistem KPR, yaitu sudah bisa langsung dihuni tanpa harus melunasi rumah lebih dahulu.

  1. Ada asuransi

Beberapa bank dan pengembang juga menyediakan asuransi seperti asuransi kebakaran untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal-hal lain pada rumah. Ini karena bank tentunya tak mau kehilangan aset mereka.

  1. Bisa dicicil

Tentu saja, Anda juga tak harus membayar uang ratusan juta Rupiah sekaligus, yang bisa membuat Anda kesulitan setengah mati.

Namun waspadalah juga, karena rumah seperti ini memiliki kerugiannya sendiri, seperti:

  1. Uang muka

Uang muka yang harus dibayar adalah 30% dari total harga murah. Bayangkan saja, belum semua orang yang menyiapkan uang sebanyak itu dalam waktu yang singkat. Ini bisa berlanjut ke…

  1. Terjebak KTA

…lantas kemudian mengajukan KTA demi membayar down payment rumah tersebut. Akibatnya, Anda jadi harus membayar cicilan double.

  1. Pengembang nakal

Meski bisa dihindari jika pengembangnya resmi seperti Perumnas, selalu ada pengembang nakal yang menahan surat kepemilikan rumah setelah Anda melunasinya.

Selain itu, rumah KPR sendiri mempunyai tenor lama, bisa sampai 20-25 tahun. Apa yang menjamin bahwa di dalam waktu itu Anda tak mengalami kesulitan finansial? Mungkin saja terjadi PHK, usaha bangkrut, sakit, dll. Jadi ketika Anda akan mengambil kredit untuk rumah ini, usahakan bahwa Anda juga bisa mengalokasikan dana cadangan agar berjaga-jaga jika terjadi sesuatu.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *