Lebih Baik Belanja Online Atau di Toko Real?

Bisnis Nov 07, 2017 No Comments

Belanja online bukan merupakan hal baru bagi orang-orang yang hidup berdampingan dengan teknologi. Tapi tidak dapat dipungkiri jika persaingan antara dunia perdagangan online dengan toko real memang semakin panas. Bagi sebagian pedagang, hal ini bukanlah sebuah perkara yang besar karena ia bisa membuka dua toko sekaligus, yaitu toko onlin dan toko real. Namun bagi seseorang yang tidak melek teknologi dan memiliki modal sedikit, maka hal ini menjadi sebuah masalah yang besar karena merasa tersaingi. Bahkan ada pedagang yang memiliki toko real dan masih berpola pikir kolot akhirnya memilih untuk menutup tokonya karena merasa kalah telak dengan hadirnya sistem olshop.

“Mana yang lebih baik, belanja di toko online ataukah di toko real?”

Lebih Baik Belanja Online Atau di Toko Real

Sebenarnya berbelanja secara online maupun langsung tidak ada bedanya. Tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk. Ini hanyalah soal selera masyarakat sebagai pembeli saja. Generasi muda masa kini misalnya, tentu lebih merasa nyaman melakukan kegiatan belanja online, dikarenakan mereka hidup di era teknologi. Sedangkan sebagian masyarakat yang terbiasa belanja langsung di toko, pasti lebih memilih untuk belanja di toko karena memang merasa nyaman melakukan transaksi secara langsung. Jadi istilah kalah telak sebenarnya tidaklah tepat, toko real juga seharusnya mengikuti trend yang sedang berkembang agar pelanggan tidak beralih ke toko online.

Melakukan belanja baik secara online ataupun di toko real memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya pada toko real, pembeli bisa bersentuhan langsung dengan si penjual dan produk yang dibeli juga terlihat jelas di depan mata sehingga bisa mengecek cocok atau tidaknya, ada bagian yang rusak atau tidak, namun resikonya biasanya adalah harus antri panjang untuk membayar sehingga terkesan membuang waktu. Sedangkan pada sistem online, aktivitas belanja akan menjadi lebih mudah dan praktis karena hanya dilakukan lewat gadget, namun resikonya juga ada seperti produk yang dibeli ternyata tidak cocok, dan lain sebagainya. Karena itu, selalu ada resiko baik belanja di toko real atau belanja online.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *