Makanan Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Gaya Hidup May 13, 2016 No Comments

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh.  Tubuh dapat mendapatkan kalori dari makanan yang dikonsumsi. Tiap makanan mengandung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi apabila jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari jumlah kalori yang dibakar, maka dapat mengakibatkan peningkatan berat badan. Jika ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ideal, Anda membutuhkan makanan rendah kalori untuk diet. Jadi antara jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh haruslah seimbang. Agar tidak terjadi kenaikan berat badan.

Ada beberapa jenis makanan rendah kalori bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih. Jenis-jenis makanan tersebut juga dapat anda konsumsi untuk tetap menjaga badan berat badan ideal yang telah anda miliki.

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran sudah menjadi rahasia umum apabila kedua jenis makanan tersebut merupakan makanan sehat dan tentunya baik untuk tubuh. Kedua jenis makanan tersebut mengandung kalori yang rata-rata berjumlah kurang dari 100 kalori per takaran saji. Untuk buah-buahan yang memiliki kandungan kurang dari 100 kalori per takaran sajinya seperti pada buah anggur, alpukat, jeruk, kiwi, nanas, stroberi, pepaya dan semangka. Sebagai camilan Anda dapat mengkonsumsi anggur sebagai makanan rendah kalori untuk diet yang akan lebih sehat. Sedangkan pada sayur-sayuran yang memiliki kandungan kurang dari 100 kalori per takaran sajinya seperti sayur brokoli, mentimun, kembang, kol, seledri, tomat, kubis dan wortel.

  1. Ikan

Ikan juga termasuk dalam makanan rendah kalori untuk diet dan hanya mengandung sekitar 90 hingga 200 kalori per 80 gram atau 3 ons. Ikan tersebut seperti ikan salmon, ikan kod dan ikan tuna. Pastikan ikan yang anda konsumsi diolah dengan cara yang sehat yaitu dengan cara ditumis dengan menggunakan sedikit minyak atau dikukus. Hindari mengolah ikan dengan cara digoreng.

  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Makanan rendah kalori selanjutnya yaitu dapat diperoleh dari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kacang almond dan jagung yang memiliki kandungan kalori rendah. Anda dapat mengkonsumsi popcorn yang terbuat dari bahan dasar jagung yang tidak ditambahkan mentega atau gula sebagai camilan rendah kalori yang dapat anda konsumsi.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *