Manfaat Senam Hamil Yang Sangat Penting Untuk Ibu Dan Janin

umum Feb 16, 2016 No Comments

Olahraga merupakan aktivitas positif yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran tubuh. olahraga ini sangat disarankan untuk dilakukan semua orang termasuk ibu hamil. Manfaat senam hamil sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan kelancaran proses kehamilan hingga persalinan. Senam hamil merupakan olahraga khusus yang dilakukan ibu hamil yang gerakannya disesuaikan dengan kondisi kehamilan, sehingga tidak menimbulkan risiko pada kehamilan yang membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Gerakan senam hamil lebih ringan dari gerakan senam pada umumnya, namun meski demikian senam hamil memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat senam pada masa kehamilan bagi ibu dan kelancaran proses persalinan:

  1. Memperkuat kelenturan otot

Masalah umum yang dirasakan ibu hamil biasanya rasa nyeri di bagian perut dan bokong. Dengan melakukan senam hamil, anda berarti telah memperkuat elastisitas beberapa oto pada dinding perut, sehingga rasa nyeri pada perut dan bokong akan terus berkurang.

  1. Melatih teknik pernapasan

Saat anda rajin melakukan senam hamil maka anda akan mendapatkan oksigen secara maksimal. Hal ini sangat baik dan akan membantu selama proses kehamilan hingga proses persalinan.

  1. Melatih relaksasi

Ibu hamil harus terhindar dari stress, karena stress dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Salah satu manfaat senam hamil adalah membuat ibu untuk rileks dan membantu anda mengatasi rasa sakit dan mengurangi ketegangan selama proses persalinan.

  1. Mengurangi keluhan

Di masa kehamilan, biasanya anda merasakan beberapa keluhan seperti perubahan bentuk tubuh yang mengganggu. Dengan melakukan senam hamil secara rutin, maka aktivitas ini akan membantu mengurangi keluhan terhadap perubahan bentuk tubuh anda.

  1. Melancarkan persalinan

Karena berbagai gerakan dalam senam hamil dapat membantu melenturkan otot-otot yang berpengaruh saat masa persalinan, maka dengan rajin melakukan senam hamil anda akan terhindar dari kesulitan menjalani proses persalinan.

Itulah manfaat senam di masa kehamilan yang sangat penting untuk menambah kebugaran tubuh ibu hamil dan membantu melancarkan proses persalinan, semoga bermanfaat.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *