Mau Beli Rumah dengan Kredit? Kenali Dulu Jenis-jenis KPR!

Properti Mar 03, 2016 No Comments

Sedang mencari rumah untuk tempat tinggal Anda dan keluarga? Anda pasti akan melihat bahwa ada banyak lokasi yang menarik, namun harga yang membuat dahi berkerut. Namun sekarang ini, Anda yang sedang kesulitan dalam membeli setidaknya bisa memanfaatkan rumah KPR yang sudah banyak tersedia. Selama Anda memenuhi persyaratan yang ada, dan mampu membayar downpayment serta angsuran per bulannya, KPR bisa jadi cara yang direkomendasikan.

Tapi, Anda juga harus hati-hati agar tidak salah mengambil KPR. Ini karena tak semua hunian KPR bisa Anda beli, lantaran mempunyai beberapa persyaratan sendiri. Rumah dengan KPR yang bersubsidi yang biasanya disediakan oleh Perum Perumnas, misalnya, khusus ditujukan bagi masyarakat bawah, sehingga jika Anda berasal dari kalangan menengah, maka Anda tak akan bisa mendapatkannya.

Karena itu, kenali dulu apa saja bentuk-bentuk atau jenis KPR yang ada di Indonesia ini. Berikut beberapa di antaranya:

  1. KPR konvensional

KPR non-subsidi paling dikenal, dan merupakan fasilitas bank yang tidak ada hubungannya dengan pemerintah. Masa berlaku maksimal bisa sampai 25 tahun.

  1. KPR bersubsidi

Ini KPR dari pemerintah, dengan rumah dari Perumnas. Khusus bagi yang penghasilannya di bawah Rp4 juta/bulan, dan belum pernah punya rumah atau KPR sebelumnya. Angsuran rendah, bebas PPN, dan suku bunga flat.

  1. KPR pembelian

Metode pembayaran, di mana bank memberi pinjaman pada nasabah untuk membeli rumah, dengan jaminan rumah itu sendiri. Ini juga bisa dilakukan untuk apartemen atau ruko.

  1. KPR syariah

KPR dengan sistem jual-beli, di mana Anda hanya membayar angsuran saja secara tetap, tanpa ada bunga. Namun harga dari rumah sudah ditambah untuk keuntungan bank.

  1. KPR take over

Memindahkan pinjaman KPR dari satu bank ke bank yang lainnya, dengan adanya tambahan limit pada pinjaman.

Selain itu juga masih ada variasi lain seperti KPR refinancing yang merupakan pinjaman kebutuhan pribadi dari bank dengan menjaminkan rumah, kemudian KPR angsuran berjenjang yang memberikan penundaan angsuran sampai tahun ketiga. Intinya, Anda yang ingin mendapatkan rumah KPR sebaiknya cari tahu dulu dengan selengkap-lengkapnya, mana kredit yang harus Anda pilih.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *