Mau Hidup Sehat Hindari Perilaku Ini

Kesehatan Jun 29, 2016 No Comments

Semua orang ingin hidup sehat sepanjang masa. Tapi sayang, mereka justru melakukan hal yang berlawanan. Kadang kita mengabaikan perilaku sehari-hari yang mengantarkan pada penyakit. Nah, jika Anda ingin menjaga kesehatan hingga kakek dan nenek, sebaiknya hindari kebiasaan berikut ini.

Merokok

Merokok adalah kebiasaan sebagian besar lelaki di Indonesia. Para perokok pun kalau ditanya pasti ingin hidup yang sehat dan panjang umur. Tapi, mereka justru melakukan perbuatan yang berseberangan dengan keinginan tersebut. Meski telah banyak peringatan bahwa rokok dapat mengganggu kesehatan, tetap saja rokok laris di pasaran. Jika ingin kehidupan kita sekeluarga lebih sejahtera, matikan rokok Anda sekarang juga.

Mabuk

Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita kematian akibat miras oplosan. Mabuk-mabukan memang masih menjadi kegemaran sebagian masyarakat Indonesia kendati pihak kepolisian sudah berupaya untuk memberantasnya. Bagaimana bisa hidup sehat jika sukanya mabuk? Alkohol dalam kadar tinggi akan mengganggu metabolisme dan menyebabkan kerusakan organ dalam. Bahkan, tidak sedikit yang langsung meninggal karenanya.

Narkoba

Perdagangan narkoba di Indonesia rupanya masih tumbuh subur. Banyak anak muda yang terjerat narkotika sehingga merusak masa depannya. Jika seseorang sudah kecanduan narkoba, maka tinggal menunggu waktu kematian saja. Kecuali bila ia mau direhabilitasi. Tutuplah jalan menuju narkotika dengan menjaga pergaulan, menghindari kebiasaan merokok, serta mendekatkan diri pada pendidikan agama yang benar.

Perzinaan

Hal lain yang juga membahayakan hidup sehat kita adalah pergaulan bebas atau yang mengarah pada perzinaan. Banyak penyakit yang muncul akibat perzinaan, salah satu yang paling parah adalah HIV/ AIDS. Menurut informasi kesehatan, jumlah penderita AIDS di Indonesia kian meningkat sepanjang tahun. Ini menandakan betapa perzinaan telah merampas harapan hidup sejahtera seseorang.

Malas

Sifat malas ternyata juga berbahaya untuk kehidupan kita. Rasa malas akan membuat kita hidup sembarangan. Orang yang pemalas tidak bisa memperhatikan kebersihan, nutrisi, atau hal apapun yang akan mensejahterakan hidup. Alhasil, kehidupan sehat yang ia miliki berangsur akan menurun. Nah, lawanlah rasa malas dengan aktivitas yang posittif.

 

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *