Memilih Shampoo Bayi yang Aman dan Tidak Pedih di Mata

umum May 25, 2016 No Comments

Shampoo merupakan satu bahan yang dipakai untuk merawat bayi, lebih tepatnya adalah untuk merawat rambut bayi. Memilih shampoo untuk bayi pun tidak boleh sembarangan, pilihlah shampoo bayi yang aman dan juga tidak pedih di mata. Mengapa demikian ? Refleks yang dimiliki oleh bayi belum bisa berkembang secara sempurna layaknya orang dewasa. Berkedip merupakan satu refleks dan hal itu tidak selalu dialami oleh bayi ketika matanya terkena air atau bahkan terkena shampoo. Bayi bisa saja berkedip saat matanya kemasukan air atau shampoo, namun juga bisa saja diam. Maka dari itulah, penting untuk memilih shampoo bayi yang aman dan tidak pedih di mata guna melindungi kesehatan mata dari si kecil.

Pada umumnya, Shampoo biasa memiliki kandungan bahan kimia, yakni surfactant. Bahan kimia tersebut sendiri fungsinya ialah untuk menarik minyak pada rambut yang terdapat kotoran serta untuk membuat shampoo cukup mudah dibilas dengan diguyur air. Namun, bahan kimia ini menjadikan mata pedih dan kurang cocok untuk dipakai pada bayi. Oleh sebab itu, anda harus memakaikan shampoo khusus untuk bayi saat mengkeramasi bayi. Kandungan Surfactant yang ada di dalam shampoo bayi lebih ringan dan lembut ketimbang pada shampoo orang dewasa.

Kandungan Sufactant yang rendah pada shampoo khusus bayi memang bekerja kurang efektif dalam mengangkat minyak kotoran pada rambut. Akan tetapi, tidak menyebabkan pedih di mata sang bayi lantaran memang lebih lembut. Nah, namun, kandungan surfactant yang lembut tidak selalu ada pada semua jenis shampoo bayi. Satu brand perawatan bayi yang memiliki produk shampoo dengan label “tidak pedih dimata” ialah Zwitsal Natural Baby Shampoo, dimana kandungan didalamnya terdapat aloe vera, kemiri dan seledri yang terbukti mampu untuk merawat rambut bayi dengan optimal.

Selain tidak pedih di mata, shampoo milik Zwitsal ini pun mempunyai dua kandungan lain yang juga penting, yakni pH balance dan juga tested hypo-allergenic. Kandungan pH balanced sendiri berfungsi untuk menjaga rambut si kecil supaya tidak mudah untuk kusut. Sedangkan kandungan hypo-allergenic berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya reaksi alergi pada sang buah hati.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *