Mengajarkan Kemandirian Demi Tumbuh Kembang Anak Balita

umum Jun 09, 2016 No Comments

Kemandirian untuk tumbuh kembang anak balita harus dilatih sejak dini. Banyak anak yang maish tergantung kepada pengasuh atau orang tuanya saat ingin mengerjakan sesuatu. Mereka tidak terbiasa untuk melakukan aktivitas sendiri sehingga harus selalu ditemani dengan orang lain. Kebiasaan ini tidak bak bagi anak karena nantinya mereka tidak bisa memecahkan masalah mereka sendiri dan selalu meminta bantuan orang lain.

Pertumbuhan balita dan kemandiriannya harus diajarkan secara langsung oleh orang tua. Anda dapat memulai dari hal yang kecil seperti makan. Jika selama ini anda sering menyuapi meeka, maka cobalah untuk membuat mereka makan sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tetapkan jam makan untuk anak anda,
  • Jika waktu makan telah tiba, ajak anak ke meja makan,
  • Biarkan mereka makan sendiri dan jangan dibantu.

Di awal masa tumbuh kembang anak balita, mereka pasti banyak melakukan kesalahan saat makan seperti yang paling sering terjadi adalah tidak sengaja menumpahkan makanan. Jika sudah tumpah maka ibu harus sigap untuk langsung membersihkan baju yang terkena tumpahan dengan air mengalir lalu merendamnya dengan Rinso. Selama 30 menit, bahan aktifnya akan mengangkat sisa makanan dan bakteri yang menempel di pakaian. Rinso juga efektif untuk mengusir bau tak sedap pada pakaian yang dipakai seharian agar menjadi segar kembali. Ajarkan kemandirian pada anak agar mereka menjadi lebih aktif dan kemampuan nalarnya meningkat.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *