Tips Mengatur Keuangan untuk Rumah Tangga Baru  

umum Aug 12, 2016 No Comments

 

Mengatur Keuangan

Tips Mengatur Keuangan untuk Rumah Tangga Baru

Bicarafakta.com – Setelah menikah pasti banyak hal yang berubah dan harus disesuaikan oleh anda dan pasangan, salah satu hal yang harus anda atur adalah pengelolaan keuangan. Tips mengatur keuangan untuk anda yang baru berumah tangga adalah hal yang dapat anda pelajari bersama pasangan. Mengatur keuangan keluarga yang baru menikah tidak harus dilakukan sang istri namun harus dilakukan oleh kedua pasangan, hal ini dikarenakan agar pasangan juga tau mengenai keuangan keluarga dan mengatur bersama-sama serta menghindari kesalahpahaman yang biasanya dapat terjadi pada pasangan yang baru menikah.

Tips mengatur keuangan untuk keluarga baru dapat anda lakukan bersama sebagai sebuah quality time bersama pasangan. Beberapa tips mengatur keuangan keluarga yang dapat anda lakukan adalah:

1. Buat anggaran bersama

Buatlah anggaran akan pemasukan dan pengeluaran yang anda bersama pasangan butuhkan. Diskusikan sumber pemasukan dan besar pengeluaran selama sebulan dengan komunikasi yang baik akan menghindari perselisihan yang sering dialami oleh pasangan yang baru menikah.

2. Dana darurat

Setelah berkeluarga jangan lupa untuk membuat dana darurat. Dana darurat ini berfungsi untuk kejadian yang terjadi tiba-tiba dan membutuhkan dana tambahan. Misalnya seperti biaya rumah sakit untuk berobat, kematian dan lainnya.

3. Saling terbuka

Keterbukaan mengenai keuangan adalah hal yang penting karena saat anda menikah seluruh masalah pasangan adalah masalah anda juga, oleh karena itu terbuka lah akan seluruh masalah keuangan anda contohnya tentang masalah hutang ataupun tungakan lainnya.

4. Menabung

Mulai lah dari sekarang untuk membuat tabungan bersama, tabungan ini dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan anda dan pasangan ataupun untuk dijadikan biaya anak suatu saat nanti. Menabung juga bisa dilakukan dengan membuat e-money yang sewaktu-waktu dapat anda gunakan.

e-money adalah salah satu tips mengatur keuangan agar pengeluaran anda lebih hemat. E-money biasa digunakan untuk melakukan pembayaran barang belanjaan, pembayaran dengan e-money dapat dilakukan dengan menggunakan layanan DompetKu. Transaksi dengan e-money juga dianggap lebih aman, mudah dan terakhir efesien.

Baca juga: Tempat Wisata Sumatera Utara Terbaik

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *