Hal-hal yang Perlu Jadi Pertimbangan Mengenai Rumah KPR Bersubsidi

Properti May 22, 2017 No Comments

Mengenai Rumah KPR Bersubsidi

Mendapatkan rumah bersubsidi yang memang harganya murah adalah perkara yang tidak bisa dikatakan sulit. Hanya saja perlu memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan. Seperti belum pernah mempunyai rumah pribadi sebelumnya. Pemerintah melalui Perumnas telah menghadirkan banyak rumah KPR bersubsidi di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga jangkauan masyarakat Indonesia yang di kalangan menengah kebawah dapat memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan rumah bersubsidi yang murah dan yang dibayar secara mengangsur. Terlepas dari hal tersebut, jika anda pun saat ini sedang berencana untuk membeli rumah KPR bersubsidi, ada beberapa hal yang perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan. Apa saja itu ? Berikut ini antara lainnya :

1.Bunga KPR – ini bisa dikatakan sebagai hal utama yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli rumah subsidi dengan sistem KPR. Suku bunga flat adalah yang paling diincar lantaran dinilai tidaklah membebankan saat harus melakukan proses pembayaran rumah.
2.Kredibilitas Bank – bank yang merupakan pihak penyedia fasilitas KPR mempunyai program KPR yang tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Pilihlah bank yang punya kredibilitas yang baik sehingga dapat memberikan fasilitas KPR terbaik juga untuk rumah subsidi yang anda harapkan.
3.Kemampuan Finansial – jelas kemampuan finansial perlu jadi bahan pertimbangan dalam membeli rumah KPR subsidi. Walaupun memang harganya murah dan dibayarnya dengan cara mengansur, anda pun harus mempertimbangkan kemampuan finasial anda. Lakukan perhitungan yang sebaik-baiknya kalau nanti anda mengambil KPR, anda harus membayar cicilan per bulannya. Jangan sampai dana yang anda keluarkan per bulan untuk membayar cicilan KPR justru akan mengganggu keadaan ekonomi anda. Kebutuhan anda sehari-hari haruslah bisa diprioritaskan. Selain itu, usahakan sangat bahwa ketika anda memutuskan membeli rumah KPR bersubsidi, anda tidak sedang memiliki cicilan lainnya.
4.Harga Rumah – harga rumah yang sesuai dengan persyaratan subsidi merupakan hal yang seharusnya jadi pertimbangan berikutnya. Umumnya memang rumah subsidi dibanderol dengan harga murah karena diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sebaiknya pilihlah rumah yang memang sesuai dengan kebutuhan anda, sesuai juga dengan kemampuan anda dalam membayar cicilan KPR nantinya. Karena tentu harga rumah di perumahan bersubsidi tidaklah selalu sama semuanya.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply