Menggambar merupakan Salah Satu Permainan Edukasi Anak

Anak , Keluarga , umum Feb 07, 2019 No Comments

Menggambar merupakan Salah Satu Permainan Edukasi Anak

Kegiatan yang dilakukan oleh anak usia dini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, baik dari mental maupun fisik. Untuk anak yang cenderung aktif dan memiliki peran aktif, menggambar bisa merangsang kreativitas pada anak dan bisa menyeimbangkan pertumbuhan pada fisik.

Menggambar salah satu permainan yang bisa mengedukasi bagi anak, karena tidak langsung melatih dirinya untuk lebih berkonsentrasi dan memicu tumbuh kembang otak kanan, otak kanan unggul dalam perihal kreativitas.

Manfaat Permainan Menggambar bagi Anak

Oleh sebab itu, mari simak manfaat-manfaat apa saja dalam menggambar bagi Anak, diantaranya:

1. Melatih Koordinasi Pada Tangan si Buah Hati

Di dalam menggambar, anak secara langsung memaksa dalam menggunakan kedua tangannya. Menggerakan kesana kesini untuk membuat suatu objek dan mewarnai.

Hal tersebut mau tidak mau membuat anak terus berlatih untuk mengkoordinasikan kedua tangannya disaat memegang pensil warna, membuat pola, dan mewarnai beberapa bidang.

Memang, ada risiko anak tidak mau belajar menggambar karena kesulitan di awal atau mengalami jenuh karena mempunyai karakter yang mudah bosan. Dengan menggambar, bisa membawa ke tingkat level selanjutnya, dimana
tidak hanya aktivitas menggambar saja, tapi ada sisi permainan yang membuat anak tidak mudah bosan.

Bisa memilih dengan permainan gambar seperti maze, mewarnai bentuk-bentuk objek, atau menggambar dengan bentuk titik-titik.

Dengan adanya berbagai macam dari permainan menggambar, si anak akan merasakan tantangan yang diberian dan lebih mendalam dari aktivitas menggambar itu tadi.

2. Memicu Kreativitas

Dengan permainan menggambar, tentunya anak-anak diajarkan di dalam edukasi bagaimana cara mengasah otak dan berfikir secara aktif dan berimajinasi sesuai kemampuan anak yang dimiliki. Bisa dari bentuk-bentuk warna, karena bisa membuat sesuai kehendak hatinya. Anak dilatih untuk mengekspersikan dari segi emosi dan ide yang dimilikinya. Tak ketinggalan pula, untuk mengeluarkan kreativitas, anak akan mengasah konsentrasi mereka.

Masih dalam perkembangan bagi otak si anak dan kreativitasnya, permainan menggambar bisa melatih mereka dalam ingatan, ketelitian, kesabaran, kesabaran, dan keuletan dalam melakukan sesuatu yang mereka dambakan.
Di masa yang akan mendatang, semua skill yang telah dipelajari dan diasah bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Si buah hati akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bisa diandalkan.

3. Meminimalisir Anak dari Kecanduan Gadget

Di tengah maraknya perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan smartphone, permainan menggambar bisa menawarkan manfaat yang luar biasa, yaitu bisa menjauhkan dari kecanduan smartphone.

Betul, kebutuhan untuk berkomunikasi merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dengan zaman ini. Karena itu, anak bisa meniru apa yang orang tua lakukan setiap harinya. Jika orang tua setiap hari selalu menggenggam
smartphone maka sang anak pun penasaran dan akan meminta smartphone tersebut.

Kalau sudah begini, orang tua kewalahan jika anak tak mau lepas dari genggaman smartphonenya.
Permainan menggambar bisa mengalihkan perhatian pada anak dari kecanduan smartphone. Dengan catatan, orang tua ikut terlibat menemani menggambar dengan si buah hati. Perhatian dan keikutsertaannya dalam
menemani membuat anak menjadi nyaman dan senang.

Setelah mengetahui manfaat dari menggambar dan tak juga bisa mengedukasi anak tersebut, tak dipungkiri bahwa anak yang baru mengenal alat warna dasar membuat ketertarikan untuk mencobanya. Apalagi menggunakan dengan metode cat air, tentu si anak tak lepas dari noda yang menempel.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply