Negara Agraris Yang Seharusnya Memiliki Potensi Di Sektor Pertanian

Bisnis Sep 29, 2016 No Comments

Negara Agraris Yang Seharusnya Memiliki Potensi Di Sektor PertanianUntuk meningkatkan sektor pertanian di Indonesia perlu diperhatikan bahwa banyak sekali pulau besar dan kecil yang tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Negara Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya karena sumber daya alamnya. Selain itu Indonesia memiliki kekuatan di sektor industry pertanian karena memang secara geografis Indonesia sudah mendukung untuk hal itu serta memiliki modal yang cukup kuat. Dengan melihat kondisi geografis ini seharusnya Indonesia bisa menjadi lebih baik dalam mengembangkan industry pertaniannya dan para pengamat bisa lebih peka dalam segera cekatan mengembangkan bisnis di sektor industry pertanian.

Era industrialisasi tetap harus dipertimbangkan dalam upaya memperkuat sektor pertanian. Yang harus kita hindari disini adlaah PBB baru menyatakan bahwa hampir setengah penduduk di Indonesia hanya memiliki penghasilan sebesar 2 USD, tentu saja ini membuat kondisi ekonomi Indonesia di mata dunia semakin terpuruk dan tak tampak suatu kemajuan yang berarti yang bisa menjadikan hal tersebut pengakuan bagi negara lain bahwa negara kita mulai berkembang. Kwik Kian Gie mengatakan bahwa adanya kesalahan pengelolaan membuat masyarakat miskin semakin banyak saja dari tahun ke tahun. Harusnya pemerintah lebih aktif dalam melihat kesempatan yang ada agar pendapatan negara ini dapat terdongkrak. Dalam meningkatkan sektor pertanian industry tentu saja kita sebagai masyarakat bisa memberikan kontribusi dengan membuat seminar atau event bersama untuk menggerakkan para petani agar lebih produktif.

Pertumbuhan penduduk yang pesat juga membuat salah satunya dalam meningkatkan sektor pertanian di Indonesia agar bisa memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri menjadi lebih sulit. Keberadaan sawah yang semakin tergerus oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab yang hanya ingin mendapatkan keuntungan mereka sendiri dengan melakukan aktivitas jual beli property juga semakin membuat kondisi industry pertanian di Indonesia memburuk. Inilah uyang harus dihindari agar negara kita bisa lebih fokus dalam mengembangkan sektor pertanian. Petani juga harus mendapatkan kesejahteraan agar bisa lebih aktif dalam melakukan aktivitas bercocok tanam karena merekalah main role dalam usaha membangun industry pertanian yang besar.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *