Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan

Bisnis Oct 07, 2016 No Comments

Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan

Sektor pertanian saat ini sudah menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Tak heran jika ada sebagian orang yang beralih profesi dari pekerja kantoran bahkan pegawai negeri menjadi seorang pengusaha di bidang pertanian. Peluang usaha pertanian di Indonesia sebenarnya sangat banyak jika kita pintar melihat setiap peluang yang ada. Menjadi pengusaha di bidang pertanian bukan berarti kita terjun langsung menjadi seorang petani, tapi banyak cara yang bisa kita lakukan misalnya dengan cara menjual pupuk, menjual alat atau mesin pertanian dan sebagainya. Memulai usaha di bidang pertanian bisa kita lakukan mulai dari yang skala kecil, sedang hingga usaha yang berskala besar. Semakin besar skalanya sudah pasti modal yang dibutuhkan cukup besar.
Memulai usaha di bidang pertanian tidak selamanya bisa dilakukan di daerah pedesaan saja. Peluang usaha pertanian di Indonesia bisa kita lakukan dimana pun. Adapun beberapa jenis usaha di bidang pertanian antara lain :
1. Tanaman hias
Jenis usaha di bidang pertanian yang pertama yaitu bisnis tanaman hias. Jenis usaha ini sebenarnya sudah ada beberapa tahun yang lalu, dan kalau kita lihat jenis usaha ini sangat potensial dan menjanjikan. Kunci utama dari jenis usaha ini yaitu pemilihan tempat yang strategis, mudah di jangkau dan sangat disarankan memilih tempat yang merupakan tempat orang berlalu lalang. Kalau masalah referensi jenis tanaman yang kita jual semua itu bisa kita peroleh langsung di beberapa tempat tanaman hias yang sudah ada sebelumnya.

2. Makanan ringan berbahan sayuran
Jika kita masih berasumsi menjadi pengusaha di bidang pertanian itu harus yang selamanya mengerti tentang cara bertani, ternyata asumsi tersebut tidak selamanya benar. Karena tugas seorang petani hanyalah menghasilkan sayur atau buah dengan kualitas yang baik, maka kita bisa melihat peluang usaha pertanian dengan cara mengolah hasil panen para petani tersebut dengan kreasi yang unik. Misalnya membuat kripik dari bahan sayur atau buah-buahan dengan bermacam varian rasa.
Nah itu dia contoh peluang usaha di bidang pertanian yang bisa kita coba tanpa terjun langsung menjadi seorang petani.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *