Penanaman Modal Asing Yang Ada Di Indonesia

Bisnis Sep 13, 2016 No Comments

Sebagai negara yang menyimpan banyak sumber bahan mentah untuk keperluan industri di berbagai bidang. Indonesia menjadi salah satu sasaran para pelaku penanaman modal asing untuk menjadi salah satu pihak yang melakukan pengelolaan kekayaan tersebut. Melihat sisi baik adanya modal asing yang masuk ke industri di tanah air, maka kesempatan tersebut pun terbuka secara lebar. Investasi dapat dilakukan melalui perusahaan pemerintah ataupun swasta yang membantu mengurus keperluan berinvestasi disini.

Proses Pengajuan Aplikasi Perizinan

Bagi calon penanam investasi asing tentu membutuhkan perizinan supaya usaha yang didirikan bisa segera direalisasikan. Perizinan yang dilakukan tentunya membutuhkan beberapa tahapan atau proses, secara garis besar proses tersebut meliputi:

1. Datang ke kantor perizinan investasi,

Proses pengurusan perizinan untuk menanamkan modal dan mendirikan perusahaan asing kini harus dengan bertatap muka secara langsung. Sehingga bagi calon investor asal luar negeri perlu datang ke kantor perizinan yang terkait untuk mengurus semua keperluan sebelum mendirikan usaha.

2. Mengisi data dengan lengkap sesuai peraturan,

Dalam mengajukan permohonan mendirikan perusahaan asing, pihak yang terkait perlu mengisi formulir tertentu dan sifatnya khusus. Perusahaan asing diharapkan mengisi beberapa informasi dan menyerahkan dokumen persyaratan dengan segera. Semua informasi dan dokumen administrasi nantinya akan diproses untuk menentukan apakah izin bisa diberikan atau tidak. Sebab tidak semua jenis usaha asing akan cocok dan sesuai dengan tata aturan di dalam negeri sehingga perlu diselidiki terlebih dahulu. Diharapkan ke depannya kedua belah pihak bisa saling memberikan keamanan.

Informasi yang diisikan ke dalam formulir biasanya mencakup masalah perhitungan jumlah karyawan, sistem pengaturan tenaga kerja, jenis usaha, dan lain sebagainya. Semua persyaratan yang diajukan pihak pengurus perizinan sebaiknya segera dilengkapi. Supaya izin mendirikan usaha dan melakukan penanaman modal asing pun bisa segera dilakukan tanpa menunggu terlalu lama. Konsultasikan dengan baik kemudian pastikan mengurus perizinan kepada perusahaan yang handal dan terpercaya. Sebagai langkah aman kunjungi kantor BPKM sebab dikelola oleh pemerintah sehingga dijamin terpercaya.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *