Peralatan Yang Harus Ada Saat Menata Dapur Minimalis

umum Dec 08, 2017 No Comments

Menata dapur minimalis memang perlu diusahakan sesederhana mungkin, sehingga anda harus memangkas beberapa peralatan yang mungkin tidak anda perlukan. Semakin sedikit peralatan berarti semakin besar luas pergerakan anda di dapur. Tapi, apakah sedikit peralatan berarti juga sedikit masakan? Belum tentu. Anda bisa mengkreasikan berbagai bahan makanan dengan beberapa peralatan wajib berikut ini:

Sendok, Garpu Dan Pisau

Bahkan walaupun anda bisa makan menggunakan tangan, anda pasti tetap membutuhkan ketiga peralatan di atas. Tidak ada yang bisa memasak tanpa pisau dari zaman dahulu (Tips: bersihkan pisau anda setiap hari dengan sunlight agar bekas bahan makanan tidak lengket dan berkerak). Tanpa sendok, bagaimana menyisip kuah dari makanan? Tanpa garpu, sulit untuk memisahkan mie. Lalu, bagaimana jika ada tamu? Sediakan dua pasang sumpit bila perlu.

Piring, Mangkok Dan Gelas

Mangkok lebih berguna untuk menempatkan makanan berkuah. Anda bisa memiliki piring, mangkok, dan gelas berjumlah lebih dari dua kali lipat dari orang yang berada di rumah anda. Jika ada 4 orang di rumah, usahakan memiliki piring, gelas, dan mangkok sebanyak 10 buah. Untuk jaga-jaga ketika anda malas mencuci piring, tidak ada salahnya kan?

Panci, Wajan Dan Spatula

Paling tidak anda harus memiliki masing-masingnya satu, karena jika anda memiliki kompor gas dengan sepasang tungku, akan lebih cepat untuk memasak dengan keduanya. Spatula baik yang dari besi maupun kayu sama-sama berguna, spatula dengan mulut yang dalam berguna untuk menyendok kuah dibandingkan dengan mulut yang pipih.

Penyaring

Dua adalah jumlah yang wajar, satu yang kecil dan satu lagi yang lebih besar. Agar lebih tahan lama dan awet meskipun terkena minyak/air panas, usahakan membeli penyaring dari stainless steel dengan gagang kayu, agar tidak terlalu panas ketika dipegang.

Pembuka Kaleng Serba Guna

Satu alat untuk semua, pembuka kaleng ini bisa anda gunakan untuk membuka tutup botol sirup/teh, membuka makanan kalengan, dan lain-lain. Akan sulit jika anda hanya mengandalkan pisau. Murah dan kecil, jadi sangat reasonable untuk dimiliki.

Kulkas

Wah yang ini pasti kebanyakan sudah punya ya! Menyimpan bahan-bahan masakan memang lebih awet di kulkas dibandingkan di luar kulkas. Jika dapur anda sangat minimalis dan ingin tetap memiliki kulkas, ada banyak ukuran di pasaran yang bisa anda pilih.

Rice Cooker Dan Microwave

Anda masih bisa menanak nasi menggunakan panci dan kompor, tapi bukankah lebih hemat dan praktis jika dengan rice cooker? Microwave ditempatkan paling terakhir karena sebenarnya tidak semua orang membutuhkannya. Apabila anda sering menghangatkan makanan dan memanggang, microwave mini tersedia di pasaran. Lengkapi dengan sepasang sarung tangan bila anda suka, ukurannya yang kecil tidak akan mengganggu anda dalam menata dapur minimalis.

Tempat Cuci Piring, Sunlight Dan Kain Lap

Meskipun terakhir sepertinya ini paling penting ya! Jika tidak ada tempat cuci piring, anda masih bisa mencuci di tempat lain seperti kamar mandi. Tapi tentu membawa peralatan dapur yang kotor akan membuat kotoran tercecer sehingga menambah pekerjaan anda. Lengkapi dengan Sunlight yang bisa digunakan untuk mencuci peralatan dapur anda. Untuk kulkas, rice cooker, microwave, dan peralatan yang tidak bisa dicuci lainnya, anda bisa membasahi kain lap dan meneteskan sedikit Sunlight ke permukaan, dan menggosoknya hingga bersih.

Jadi, peralatan apa saja yang sudah ada di dapur minimalis anda?

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply