Peran keluarga Dalam Mendukung Pendidikan Anak

Keluarga Oct 12, 2016 No Comments
Keluarga

Peran keluarga Dalam Mendukung Pendidikan Anak

Peran keluarga Dalam Mendukung Pendidikan Anak

Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat dimana sebagai tempat anak memperoleh pendidikan pertamanya dari orang tua. Ada begitu banyak peran keluarga namun pada kesempatan sekarang ini, kita akan mengulas peran keluraga dalam mendukung pendidikan anak.

Karena berperan sebagai lingkungan pertama maka pola didikan dari orang tua akan sangat berpengaruh terhadap diri sang anak di lingkungan sekolah maupun masyarakat kelak. Orang tua tentu saja memiliki kewajiban yang cukup berat dalam mendidik anak supaya hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Penjelasan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus tahu dan mengerti terlebih dahulu apa makna dari pendidikan. Para ahli memberikan definisi pendidikan yang merupakan suatu proses dimana seseorang mengamati dan menyesuaikan diri terhadap suatu lingkungan. Jadi misalnya dalam keluarga seorang ayah bertindak tegas dalam setiap keputusan maka itu sudah termasuk pendidikan kepada sang anak.

Perilaku anak dalam hubungannya di lingkungan sekolah dan masyarakat kelak berawal dari pendidikan yang diajarkan orang tua dalam lingkungan keluarga. Ingat anak itu diibaratkan seperti sebuah pohon kecil yang mempunyai dahan yang lentur dimana kita sebagai orang tua masih bisa membentuk karakternya. Jadi masa ketika seorang anak berusia dibawah 5 tahun atau pra sekolah merupakan periode emas bagi orang tua untuk memberikan pendidikan yang benar dan sesuai dengan norma norma yang berlaku di masyarakat.

Berbicara mengenai pendidikan maka ada banyak sekali, salah satunya seperti pendidikan agama. Setiap orang tua hendaknya memberi pendidikan agama kepada anak yang akan berguna dalam kehidupannya kelak. Pendidikan agama yang diajarkan kepada anak secara intensif akan terlihat hasilnya pada saat anak memasuki masa remaja. Ingat memasuki masa remaja, seseorang akan menemukan banyak godaan negatif yang berpotensi menjerumuskan seseorang kedalam tindakan yang melanggar norma agama dan sosial.

Nah jika sejak kecil seorang anak sudah dibekali oleh pendidikan agama dari orangtua maka diharapkan sang anak akan tetap berada pada koridor yang tepat dalam pergaulan masa remaja-nya nanti. Meskipun tidak menjamin 100 persen namun setidaknya anak yang dibekali oleh pendidikan agama yang baik dalam keluarga memiliki peluang yang lebih kecil terjemurus dalam hal negatif dibandingkan dengan anak tanpa bekal pendidikan agama.

Jadi peran keluarga dalam pendidikan anak itu sangat penting dan perlu kita semua terapkan dengan harapan bisa mencetak anak yang bertakwa dan memiliki budi pekerti yang baik dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan

 

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *