Apa Mainan yang Cocok Untuk Bayi di Usia Perkembangan 1 Tahun ?

Anak Sep 17, 2016 No Comments
Perkembangan Anak 1 Tahun

Apa Mainan yang Cocok Untuk Bayi di Usia Perkembangan 1 Tahun ?

Apa Mainan yang Cocok Untuk Bayi di Usia Perkembangan 1 Tahun ?

Perkembangan Bayi 1 Tahun – Bermain adalah salah satu aktivitas yang sudah dialami oleh bayi yang berusia 1 tahun keatas. Bermain memanglah satu aktivitas penting baginya, dimana bermain bermanfaat untuk membuat bayi merasa senang hingga perkembangan dalam hal fisik dan juga mental pun dapat berjalan secara optimal. Nah, akan tetapi, sebagai orang tua, anda perlu memilih dan juga memilah apa saja mainan yang cocok untuk diberikan di masa perkembangan bayi 1 tahun pertamanya ini. Yang tentunya pilihlah mainan yang menyenangkan untuknya, sekaligus edukatif juga.

Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai mainan apa saja yang cocok untuk diberikan pada bayi yang berusia 1 tahun, terlebih dahulu mari mengenal apa saja yang sudah mampu untuk dilakukan sang buah hati pada masa perkembangan bayi 1 tahun. Bayi di masa perkembangan 1 tahun sudah mulai bisa memahami apa yang diucapkan orang kepadanya. Kemudian bayi juga sudah bisa menampakkan ekspresi dari perasaannya, seperti saat ia berhasil menyusun sebuah mainan menumpuk, ia bahagia dan kemudian tersenyum sembari tepuk tangan. Pada usia ini juga, perkembangan yang dialami oleh bayi adalah ia sudah mulai bisa untuk melontarkan kata-kata, meski memang kurang jelas pastinya.

Dari beberapa kemampuan yang sudah bisa dilakukan oleh bayi di masa perkembangan bayi 1 tahun tersebut diatas, maka dari itu, orang tua, terutama ibu harus bisa menentukan mainan yang cocok untuk dimainkan olehnya. Apa saja itu ? Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Mainan Mengenal Huruf dan Angka

Ibu tentu sudah tidak asing dengan permainan yang ada kaitannya dengan mengenal huruf dan angka. Saat ini sudah banyak jenis mainan ini, bisa seperti puzzle yang isinya huruf dan angka, kemudian bermainnya adalah disusun. Mainan ini dapat melatih si kecil untuk mengoperasikan memori ingatannya dengan beberapa hal, yakni huruf dan angka.

2. Mainan Rumah-rumahan

Mainan rumah-rumahan yang bentuknya besar dan dapat dimasuki adalah salah satu mainan yang cocok untuk si kecil di usia perkembangannya 1 tahun ini. Perkembangan fisiknya bisa terstimulasi dengan permainan ini. Ia akan berusaha untuk merangkak atau bahkan berjalan.

3. Mobil-mobilan dan Sejenisnya

Mainan jenis mobil-mobilan, kereta-keretaan, motor-motoran ataupun semacamnya merupakan mainan yang dapat membantu dalam hal perkembangan fisik juga. Anak akan terpacu untuk menggerakkan mobil-mobilan yang dipegangnya ke arah yang ia mau. Juga bisa untuk mengentikan mobil-mobilan tersebut.

Nah, selain memilih mainan yang tepat untuk bayi di usia perkembangan 1 tahun ini, ibu juga perlu memilih dengan tepat beragam perlengkapan untuk merawat kulit si kecil. Ibu perlu memakai perlengkapan perawatan bayi yang khusus dibuat untuk bayi, seperti Zwitsal. Aktivitas bayi untuk bermain yang terus semakin banyak, harus juga diimbangi oleh ibu dengan merawat kulitnya dari ujung rambut hingga kaki.

Baca juga: Seberapa Penting Proteksi Tabungan Pendidikan Anak?

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *