RSHP IPB Sediakan Sarana Penitipan Hewan

Pendidikan Dec 11, 2015 No Comments

Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (RSHP FKH IPB) berdiri sejak tahun 2000 dan memulai pelayanan kesehatan hewan pada tahun 2001. RSHP FKH IPB memiliki beberapa tugas dan fungsi. Pertama, RSHP IPB menunjang program pendidikan sarjana dan pendidikan profesi dokter hewan. Kedua, RSH IPB memberikan pelayanan kesehatan kepada hewan selaku pasien dan masyarakat pemilik hewan serta lingkungan. Ketiga, RSHP IPB memberikan fasilitas untuk penelitian bagi dosen/mahasiswa IPB dan di luar IPB dengan penelitian yang terkait penggunaan hewan.

Kepala RSHP FKH IPB, Prof.drh. Deni Noviana, Ph.D mengatakan, sampai dengan tahun 2014, pengelola RSHP IPB bertanggung jawab langsung kepada pusat yaitu Rektor IPB. Pada tahun 2015 ini, dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi rumah sakit hewan sebagai sarana bagi pendidikan profesi kedokteran hewan, terjadi perubahan tata kelola yaitu manajemen rumah sakit hewan dilakukan di bawah FKH IPB. Selain memiliki fungsi pendidikan, RSHP FKH IPB hingga saat ini telah memberikan pelayanan kesehatan hewan dengan baik.

Dalam fungsi pelayanan, terdapat pelayanan rutin, rawat jalan, dan rawat inap yang sifatnya sehat (penitipan hewan). “Setiap tahunnya, RSHP FKH IPB melakukan pelayanan penitipan hewan yang ingin menitipkan hewan pada hari raya tertentu seperti Idul Fitri dan Natal. Hewan yang selama ini dititipkan di sini adalah kucing dan anjing dengan presentase lebih banyak yang menitipkan kucing dibanding anjing,” ujarnya.

“Di daerah Bogor sudah banyak penitipan hewan, tapi yang memiliki fasilitas yang besar dan memadai khususnya untuk anjing hanya ada di RSHP FKH IPB. Penitip tidak hanya dari pemilik, tapi dari dokter-dokter hewan di sekitar Bogor yang memiliki keterbatasan tempat,” imbuhnya. Salah satu Dokter Hewan tetap RSHP IPB, drh. Arni Diana Fitri menyatakan fasilitas yang ada di RSHP IPB sangat baik dan memadai, memiliki lebih dari seratus kandang kucing stainless dan dua bangunan atau lebih dari empat puluh kandang anjing besar.

Dokter Hewan di rumah sakit terluas se-Indonesia ini memaparkan, “RSHP IPB memiliki fasilitas penunjang lebih banyak, udara lebih sejuk dan tempat bermain bagi hewan yang luas. Tarif yang ditawarkan pun cukup murah. Tarif di RSHP FKH IPB diukur berdasarkan berat badan hewan yang akan dititipkan. Jasa Konsultasi juga ditawarkan secara on call pada Senin-Minggu jam 08.00-15.30 WIB, dan untuk emergency kasus dapat dilayani 24 jam”.

RSHP IPB juga sering menerima kunjungan dari berbagai sekolah dan tamu institusi. “Saat ini RSHP IPB sering menerima kunjungan siswa dari berbagai jenjang pendidikan dan tamu institusi. Biasanya mereka datang ke RSHP IPB untuk belajar terkait perawatan hewan dan menjadi sarana pendidikan tentang hewan sejak dini seperti kesehatan hewan, cara memperlakukan hewan dan tanggung jawab mereka sebagai pemelihara hewan,” papar drh. Arni Diana Fitri.

Bagi pemilik hewan yang ingin menitipkan hewan peliharaannya pada hari raya dapat mengunjungi RSHP FKH IPB di Jl. Agatis Kampus IPB Dramaga, Bogor atau telp ke (0251) 8425503. “Mudah-mudahan pelayanan di RSHP IPB lebih baik lagi dan semakin banyak masyarakat yang aware terhadap kesehatan hewan. Selain itu, kami berharap ke depan RSHP IPB dapat menunjang dan menjadi rujukan pendidikan dokter spesialis bagi dokter hewan dan kami juga terus meningkatkan kerjasama dengan dokter-dokter hewan di Bogor karena kami memiliki fasilitas alat yang baik dan agar intensitas penggunaan alat-alat di RSHP IPB dapat lebih optimal,” pungkas Prof Deni.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *