Strategi Jitu Agar Sukses Diterima di IPB

Pendidikan Jan 25, 2016 No Comments

Adalah hal yang wajar jika banyak orang ingin bisa masuk ke perguruan tinggi yang berkualitas seperti IPB (Institut Pertanian Bogor). Tidak hanya memiliki jurusan yang beragam, di sini Anda bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu, fasilitas yang lengkap, dan juga tempat belajar yang lokasinya nyaman. Namun karena popularitasnya ini, Anda harus bersiap-siap untuk bisa bersaing ketika mendaftar masuk.

Tidaklah berlebihan jika proses untuk bisa diterima bisa dibilang sebagai pertarungan. Ada ribuan calon mahasiswa yang berharap bisa masuk di Institut Pertanian Bogor ini setiap tahunnya, sementara kuota dari tiap jurusan yang ada sendiri hanya berkisar dari 80 sampai 100 orang. Anda akan memerlukan strategi khusus supaya menjadi mahasiswa di universitas bergengsi ini.

Anda yang berharap bisa masuk di IPB, perhatikan ini:

  1. Cari tahu jalur pendaftarannya

Di IPB sendiri, Anda bisa masuk melalui 5 macam jalur, yaitu SNMPTN atau jalur undangan, SBMPTN untuk ujian tertulis, seleksi lewat Prestasi Internasional dan Nasional, Ujian Talenta Masuk, dan Beasiswa Utusan Daerah.

  1. Cari progdi yang tak terlalu banyak peminat

Daripada berebut memasuki progdi yang terlalu banyak saingan, Anda bisa memilih yang cenderung lebih rendah persaingannya. Lagipula, semua jurusan di IPB adalah jurusan berkualitas.

  1. ‘Menabung’ prestasi

Semakin bagus prestasi Anda, baik dalam bidang akademis atau non-akademis, maka semakin tinggi pula kesempatan Anda bisa masuk. Mulailah untuk semakin berprestasi dari sekarang.

  1. Nilai rapor yang konsisten

Anda akan terlihat lebih baik lagi jika nilai rapor dari semester 1 sampai 5 (atau 7) stabil atau cenderung naik.

  1. Berkenalan dengan kakak kelas

Tak ada salahnya mencari kenalan kakak kelas atau alumni dari universitas yang Anda incar, untuk memberikan rekomendasi.

Memang, untuk bisa masuk menjadi mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) bukanlah persoalan yang mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan dari awal, ditambah dengan sedikit keberuntungan juga tentunya. Belajar, bersiap-siap, mengikuti pengumuman, tahu persis jadwal-jadwal yang ada, dan juga berdoa, maka Anda pun akan cukup siap ketika mendaftar masuk.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *