Tips Berwirausaha by Presiden RI Joko Widodo

Bisnis , umum Aug 05, 2016 No Comments
Tips Berwirausaha by Presiden RI Joko Widodo

Tips Berwirausaha by Presiden RI Joko Widodo

BicaraFakta.com РBanyak yang sudah mengetahui bahwa bapak Jokowi selaku Presiden RI dulunya memang seorang pengusaha. Beliau mengembangkan usaha mebel dimulai dari nol sampai beliau berhasil mengeksport ke luar negeri. Dengan demikian dipastikan banyak sekali pengalaman yang dapat kita ambil dari Jokowi dalam perjalanan kariernya sebagai seorang pengusaha. Menurut Presiden Joko Widodo, tips berwirausaha paling utama tidak diharuskan mempunyai modal yang kuat. Namun yang terpenting ialah keberanian. Nah, sebagai seorang pengusaha, dipastikan Presiden Joko Widodo mempunyai berbagai macam tips sukses untuk mendukung kesuksesan jalannya bisnis yang kita jalani. Namun zaman usahanya beliau, belum ada aplikasi Dompetku Plus sebagai metode transaksi pembayaran lewat media online.  Lantas apa tips berwirausaha dari Jokowi? Berikut tips berwirausaha by Presiden RI Jokowi :

1. Lakukanlah Inovasi Pembaruan Produk Setiap Waktunya

Menurut Jokowi, kunci pertama agar usaha bisa berjalan lancar ialah harus pandai melakukan inovasi produk. Apabila produk Anda berwujud benda ataupun barang maka inovasilah benda tersebut dari berbagai macam bentuk dan kemas dengan tampilan yang menarik. Selalu melakukan pembaruan produk yang ingin Anda jual. Hal ini penting dilakukan karena pembaruan produk difungsikan untuk melakukan refresh konsumen agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk Anda.

2. Harus Pandai Lihat Peluang

Sebagai seorang pengusaha, Anda diwajibkan pandai untuk lihat peluang. Namun tak ada gunanya apabila Anda bisa lihat peluang tapi tak berani untuk memanfaatkannya. Dengan demikian, semuanya jelas jadi sia-sia karena tidak ada action dari diri Anda untuk memanfaatkan peluang tersebut. Jadi disini diberlakukan kaidah bahwa siapa yang cepat dialah yang mendapatkannya.

3. Ulet, Semangat dan Kerja Keras

Modal utama seorang pengusaha ialah ulet, semangat dan kerja keras. Tanpa adanya modal tersebut semua pebisnis pasti gagal dalam menjalankan bisnisnya walaupun modal finansial yang mereka miliki sangat berlimpah. Sebaliknya, apabila Anda mempunyai modal ulet, semangat dan kerja keras tetapi tidak begitu banyak modal finansial yang terkumpul maka peluang untuk mengembangkan bisnis masih bisa berjalan dengan sukses.

4. Apapun Kondisinya Selalu Konsisten

Memang tidak semudah dalam pengucapannya, karena konsisten dalam berbagai macam kondisinya sangat memerlukan energi yang kuat untuk melakukannya. Apalagi jika bisnia Anda dalam kondisi terpuruk maka disinilah konsistensi Anda mulai diuji.

Baca juga: Tips Cari Mobil Bekas

 

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *