Tips dan Trik Mendapatkan Pekerjaan

umum Jul 20, 2016 No Comments

Harus diakui bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk mendapatkan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan profesi yang diinginkan. Minimnya lapangan kerja yang tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pencari kerja membuat Anda harus lebih gencar dan semangat untuk mencari pekerjaan. Tingginya persaingan yang ada di depan mata menuntut Anda untuk lebih jeli dan sigap dalam memanfaatkan peluang yang ada. Meskipun tidak mudah, namun usaha yang giat harus tetap dilakukan sehingga pekerjaan yang Anda inginkan bisa didapat.

Salah satu tips yang perlu dilakukan untuk memperoleh pekerjaan adalah mencari informasi lowongan sebanyak-banyaknya. Berikut ini cara mencari informasi seputar lowongan kerja, yaitu:

  1. Manfaatkan koneksi keluarga dan kerabat dekat untuk mendapatkan informasi lowongan kerja di perusahaan tempat mereka bekerja.
  2.  Perluas relasi sebanyak-banyaknya untuk memperoleh info lowongan kerja dari berbagai profesi dengan latar belakang keahlian yang berbeda.
  3. Manfaatkan informasi dari berbagai macam media, mulai dari media cetak hingga digital, internet dan sejenisnya.
  4. Tanya info lowongan kerja ke alumni atau kakak kelas.
  5. Datang ke kampus atau sekolah terdahulu untuk mendapat info seputar lowongan kerja dari berbagai perusahaan.

Selain mencari berbagai macam informasi lowongan kerja, Anda juga perlu melakukan beberapa trik di bawah ini supaya lebih mudah mendapat pekerjaan, yaitu:

  • Cari lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian.
  • Tingkatkan potensi dan kemampuan yang ada selama proses pencarian kerja.
  • Penuhi persyaratan lamaran dengan lengkap.
  • Lakukan proses seleksi dengan baik dan tunjukkan profesionalitas Anda yang siap bekerja.
  • Banyak berdoa dan meminta restu dari orang tua serta keluarga.

Pasalnya, mengandalkan keahlian saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Anda harus membangun mental dan jiwa profesional sebagai karyawan yang baik, sopan dan bertanggung jawab. Selain itu, ada banyak faktor pertimbangan yang menentukan diterima atau tidaknya seorang pelamar kerja di mata perusahaan. Namun yang pasti, mencari kerja perlu dilakukan dengan baik dan penuh semangat sehingga hasil yang didapatkan pasti sesuai dengan perjuangan yang telah dilakukan.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *