Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Di Masa Depan

Pendidikan Aug 19, 2016 No Comments
Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Di Masa Depan

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Di Masa Depan

Sebagai orang tua, ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk buah hati, salah satunya adalah biaya pendidikan anak. Pendidikan merupakan modal berharga untuk kehidupan anak anda, namun biaya pendidikan di Indonesia hingga kini semakin tinggi, apalagi jika anda merencanakan anak anda mendapatkan pendidikan hingga level perguruan tinggi, tentu biaya yang harus dipersiapkan akan semakin besar. Untuk mengantisipasinya, anda bisa mempersiapkan biaya pendidikan buah hati sejak dini, sejak anak anda balita. Sejak saat ini anda bisa menyisihkan pendapatan penghasilan anda untuk pendidikan anak dan merencanakan biaya pendidikan buah hati di masa depan dengan banyak cara seperti menabung, membeli polis asuransi pendidikan, tabungan reksadana, dan lain-lain. berikut ini kami paparkan tips untuk mengantisipasi biaya pendidikan buah hati di masa depan.

  • Menetapkan tujuan pendidikan

Merencanakan pendidikan anak di masa depan bisa dimulai dari sekarang, mulailah dengan merencanakan bersama pasangan anda kemana anak anda akan bersekolah, di dalam negeri atau di luar negeri, tetapkan perguruan tinggi yang anda inginkan berdasarkan skala prioritas pertama dan kedua.

  • Hitunglah biaya pendidikan di tempat yang telah direncanakan

Langkah berikutnya adalah hitung biaya pendidikan di masa mendatang dengan perkiraan tingkat inflasi setiap tahunnya, biasanya 20% pertahun untuk pendidikan. Dengan perkiraan ini, anda akan bisa menghitung biaya yang diperlukan untuk mengakomodasi biaya yang diperlukan di masa depan.

  • Mulailah menabung dengan menyisihkan pendapatan

Setelah anda menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan, berikutnya mulailah menabung dan menyisihkan pendapatan anda sejak dini. Uang yang anda kumpulkan dari sekarang akan siap saat anda membutuhkannya di masa depan untuk biaya pendidikan anak anda.

  • Tentukan cara berinvestasi

Agar memudahkan anda menyiapkan dana pendidikan, anda bisa memilih dari beberapa cara berinvestasi. Pastikan anda memilih cara yang telah anda pahami, agar anda tidak mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Jika anda memilih asuransi pendidikan, sesuaikan besaran biaya premi dengan penghasilan yang anda dapatkan tiap bulannya. Pastikan anda membaca aturan yang tertera pada polis sampai anda benar-benar memahaminya.

Baca Juga : 4 Hal yang Dapat Tingkatkan Kualitas Manajemen Keuangan Keluarga

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *