Tips untuk Menjaga Keindahan dan Kesehatan Kaki

Kesehatan Jul 20, 2016 No Comments

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang memang sering diabaikan untuk mendapatkan perawatan semestinya. Alasannya cukup sederhana sebab kedua kaki Kita terletak di bagian bawah dan tidak begitu diperhatikan oleh orang sekitar. Meski begitu kaki memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang beragam aktivitas. Ketika kaki tidak dirawat dengan benar maka ada kemungkinan mengalami masalah kesehatan dan membuat aktivitas terganggu.

Tips Merawat Kaki

Kaki yang terawat dengan baik tidak hanya membuatnya terlihat bersih dan enak dipandang namun juga nyaman untuk melangkah. Bagi yang tidak terbiasa merawat kaki, berikut beberapa bentuk perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Rutin merendam kaki,

Kaki yang menjadi tumpuan seluruh berat badan dan bersinggungan langsung dengan permukaan tanah membuatnya sering dihinggapi bakteri. Supaya tetap bersih dan sehat setelah seharian beraktivitas bisa merendam kaki dengan larutan garam. Gunakan air hangat dan jika dilakukan secara teratur bisa membuat kaki bebas masalah kesehatan.

2. Menggosok permukaan kaki,

Kaki sering membentuk lapisan keras yang Kita sebut sebagai kapalan dan sering terjadi kepada mereka yang tidak cermat merawat kaki. Kapalan jika dibiarkan akan semakin meluas dan menjadi sarang empuk bakteri dan jamur berkembang biak. Usahakan menggosok permukaan kaki secara teratur, bisa saat mandi dengan menggunakan batu apung. Alternatif lain adalah memilih sikat untuk menggosok kaki, bisa juga bahan alami seperti buah lemon. Kaki yang di gosok sesering mungkin membuatnya bebas dari resiko kapalan dan semakin percaya diri karenanya.

3. Menggunakan krim kaki,

Setelah mandi atau mencuci kaki pastikan dikeringkan dengan handuk sampai benar-benar kering supaya tidak bau saat seharian dibungkus sepatu. Mencegah bau bisa juga dengan mengaplikasikan krim pada kaki, bisa krim khusus kaki atau menggunakan lotion tubuh yang biasa dipakai. Krim kaki akan menjaga kaki tetap lembab dan sangat dianjurkan kepada siapa saja yang bermasalah dengan kaki kering dan pecah-pecah. Supaya tidak terlalu parah pecah-pecahnya usahakan memakai sepatu atau sandal yang terbuka sehingga sirkulasi udaranya baik.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *