Tips Untuk Perenggangan Dalam Prosedur Cara Memijat Bayi

Kesehatan Sep 01, 2016 No Comments

Memijatkan bayi merupakan suatu terapi khusus bayi yang dilakukan dengan membawa manfaat yang baik pada bayi sekaligus sebagai rasa kasih sayang terhadap buah kecilnya. Dalam melakukan pemijatan bayi ini tentu jauh berbeda dengan memijat orang dewasa karena perbedaan tubuh antara si bayi dan orang dewasa. Oleh karena itu perlu ada prosedur khusus mengenai cara memijat bayi dengan baik dan benar seperti yang disarankan oleh Zwitsal. Namun hal pertama yang dilakukan adalah pada perenggangan bayi. Tahap ini dilakukan agar pada posisinya tetap benar, bayi bisa leluasa dengan nyaman, dan mempermudah dalam pemijatan pada bayi. Adapun mengenai tips awal pemijatan dengan perenggangan pada bayi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum memulai dengan cara memijat bayi ini, buatlah mood bayi menjadi senang dengan mengajaknya bicara dengan lembut dan mulai memegang tubuh bayi secara perlahan.
  2. Sediakan tempat yang empuk, seperti kasur dan bantal sebagai tempat bayi saat akan dipijat, agar bayi merasa begitu nyaman.
  3. Posisikan si bayi dalam keadaan terlentang. Namun tidak dengan cara dipaksakan. Perlu adalah arahan dari si pemijat dengan perlahan.
  4. Kemudian memegang bagian kaki kanan dan kiri beserta lututnya secara bersamaan dan dekatkan bagian lutut bayi pada bagian perutnya. Posisi seperti ini bermanfaat untuk mempermudahkan bayi dalam membuang gasnya.
  5. Lalu, peganglah pula bagian kaki kanan dan kiri beserta lututnya. Setelah itu lakukan pemutar membentuk gerakan seperti melingkar dari kiri ke kanan dan sebaliknya, untuk pelemasan pada pinggul bayi. Khasiat pada perenggangan yang satu ini adalah mencegah dan menyembuhkan si kecil dari sakit perut.

Itulah beberapa tips dari perenggangan dalam prosedur cara memijat bayi dengan baik, benar, dan tepat agar tidak menjadikan suatu yang membahayakan pada bayi. Perlu diketahui bahwa perenggangan ini adalah langkah awal sebelum memulai pemijatan yang lembut dan membuat semakin rileks pada bayi. Selain itu bayi pun tidak merasa terkejut atau kaget ketika akan dipijat sehingga tidak mudah membuatnya langsung menangis.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *