Trilogy of Water, Festival Air 2015

Pendidikan Jan 15, 2016 No Comments

 

Air adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia. Tanpa air, manusia termasuk makhluk hidup yang lainnya akan punah. Sebagai salah satu cara untuk mengingat pentingnya atau manfaatnya air dalam kehidupan sehari-hari, IPB (Institut Pertanian Bogor) yang merupakan salah satu universitas terkenal yang ada di Bogor ini menyelenggarakan Festival air 2015 dengan tema Trilogy of Water.

Perguruan tinggi yang berkompetensi di bidang pertanian, biosains dan bidang yang berkaitan ini, menyelenggarakan Trilogy of Water pada tanggal 29 November 2015. Himasper (Himpunan Mahasiswa Sumberdaya Perairan) MSP atau Mahasiswa Departemen Managemen Sumberdaya Perairan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB mengadakan Festival Air 2015 tidak hanya di outdoor namun juga indoor. Dibuka oleh Dr. M. Mukhlis Kamal selaku Ketua Departemen MSP FPIK IPB, kegiatan yang dilakukan di Kampus IPB Darmaga tepatnya di Lapangan Rektorat IPB dan di Auditorium Sumardi Sastrakusumah FPIK, dihadiri oleh Inna Puspa Ayu, S.Pi, M.Si selaku pembina Himasper dan dosen MSP.

Festival air 2015 yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor ini, menghadirkan pembicara yang dibagi menjadi 2 sesi talkshow yaitu:

  • Pengembangan dan pemanfaatan konservasi lingkungan diantaranya membicarakan mengenai pemanfaatan lestari, pengawetan serta perlindungan dengan pembicara Dr. Fredinan Yulianda selaku Dosen MSP dan Devy Suradji dari WWF Indonesia.
  • Mengenai komunitas pencinta lingkungan perairan dengan pembicara Babeh Idin dari Jawara Sangga Buwana, Sudirman Asun dari Ciliwung Institue, Adithiyasanti Sofia dari Save Shark Indonesia.

Festival air 2015 ini tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor), namun juga ditujukan untuk mahasiswa se-Bogor, masyarakat yang ada di sekitar kampus, pelajar di Bogor mulai dari SD-SMA. Selain diisi dengan rangkaian talkshow menarik dengan pembicara yang profesional, rangkaian outdoor dari Festival Air dengan tema Trilogy of Water ini diisi dengan:

  • Jalan pagi berkeliling di sekitar kampus IPB,
  • Pengenalan WWF dan Panda Mobile,
  • Lomba menggambar dan mewarnai untuk anak yang masih TK dan duduk di sekolah dasar,
  • Pengenalan tentang komunitas Save Shark Indonesia.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *