Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Anak Jan 05, 2017 No Comments
Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Usia sekolah adalah dimana ketika anak anda berusia 6 hingga 12 tahun. Pada usia ini stimulasi atau ataupun cara meningkatkan pertumbuhan dan perkembangannya sangat jauh berbeda pada masa keemasannya yaitu pada usia 0 hingga 6 tahun. Pada usia ini anak anda mungkin telah sekolah SD. perkembangan anak pada usia ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekitarnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya anak yang kurang bagus perilakunya karena memiliki lingkungan yang buruk. Oleh karena itu, pastikan lingkungan tumbuh kembang anak pada usia ini dijaga karena ini juga termasuk dalam masa pembentukan mental dan sikap.

Selain itu para orang tua juga wajib memberikan makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi yang seimbang. Kebanyakan orang Indonesia tidak memikirkan hal ini karena terdapat 1 kalimat yang sangat mengganjal yaitu bila tidak makan nasi tidak kenyang. Hal ini adalah hal yang sangat salah walaupun memang makanan pokok kita adalah nasi tetapi seharusnya kita batasi tentunya anda tidak ingin anak anda mengalami obesitas, walaupun terlihat lucu tetapi ketika ia dewasa tentunya ia akan mengetahui bahwa berat badan yang dimilikinya adalah tidak bagus untuk kesehatannya. Oleh karena itu, pastikan makanan yang anda berikan mengandung nutrisi yang seimbang terutama yang mengandung banyak vitamin, Omega  3 dan Omega 6. Untuk gunakanlah Blueband margarin serba guna disetiap kali anda memasak, karena Blueband memiliki ketiga kandungan nutrisi baik tersebut.

Kemudian berbicara mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu genetik dan lingkungan. Faktor genetik sendiri adalah berdasarkan faktor keturunan dan bersifat tetap sepanjang kehidupan. Faktor genetik sangat mempengaruhi terhadap karakteristik anak seperti jenis kelamin, ras, rambut, warna mata, sikap tubuh, pertumbuhan fisik dan keunikan terutama pada masalah emosional. Kemudian faktor lingkungan faktor lingkungan ini adalah hal yang sangat perlu diperhatikan oleh orang tua sekarang ini banyak sekali anak yang kurang sopan terhadap orang tuanya ini karena lingkungannya yang kurang baik. Perlu anda ketahui anak pada usia ini sangat suka ikut-ikutan karena rasa ingin tahunya yang cukup tinggi. Oleh karena itu anda harus melihat ataupun mengawasi lingkungan anak anda.

Baca juga: Resep Dessert: Es Teh Tape Ketan Hitam

 

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *