Kondisi Ibu dan Bayi Pada Usia Kehamilan

Anak Mar 31, 2017 No Comments
Kondisi Ibu dan Bayi Pada Usia Kehamilan

Kondisi Ibu dan Bayi Pada Usia Kehamilan

7 bulan adalah usia kehamilan dimana seorang ibu akan merasakan sesak karena bertambah besarnya ukuran bayi dalam kandungan seorang ibu. Namun hal tersebut akan terus berkurang seiring berjalannya waktu dan posisi bayi sudah pada kondisi siap lahir. Pada usia kehamilan ini, nutrisi yang dibutuhkan seorang ibu hamil memanglah lebih kompleks dibanding dengan usia kehamilan yang sebelumnya.

Berbagai kandungan zat gizi pada makanan seperti kalsium, vitamin, zat besi dan asam folat, harus selalu dikonsumsi oleh seorang ibu hamil.

Pada masa tri semester akhir masa kehamilan ini, biasanya seorang calon ibu akan mengalami perubahan yang drastis karena kondisi bayi yang bertambah membesar. Mulai dari berat badan yang terus bertambah, pola buang air yang tidak teratur, sembelit ketika ingin buang air besar, serta membesarnya bagian-bagian sendi tertentu seperti kaki dan tangan. Selain beberapa masalah perubahan pada bentuk fisik seorang ibu, pada masa tri semester akhir ini, seorang ibu hamil juga akan mengalami insomnia atau berkurangnya waktu tidur di malam hari.

Mengingat berbagai perubahan yang mungkin dapat terjadi ketika seorang ibu memasuki masa usia kehamilan 7 bulan, maka ada baiknya Anda mengenali lebih dalam mengenai perubahan janin yang ada dalam kandungan, agar Anda terhindar dari ras kekhawatiran yang lebih dalam.

Beberapa gerakan dan perubahan bayi serta ibu pada usia 7 bulan kehamilan, antara lain adalah:

  • Bayi mulai memposisikan diri dengan posisi kepala berada dibawah dan kaki berada diatas
  • Ibu akan sering merasakan sakit pinggang yang berlebih
  • Berat janin minimal mencapai 700 gram dengan panjang 22 cm
  • Pada usia ini ukuran kepala bayi sudah mulai terbentuk secara proporsional.

Usia kehamilan 7 bulan adalah usia penentu pada saat melahirkan. Pastikan posisi dan kondisi bayi dalam keadaan yang sehat dan benar. Lakukan USG secara rutin dan bertahap agar Anda mengetahui kondisi dan posisi dari bayi. Konsumsilah susu ibu hamil yang lengkap dan aman, seperti susu Formula Ibu Hamil, untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya.
Yuk cari tahu info selanjutnya tentang usia kehamilan disini ya bun!

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply