Tips Cermat Memilih Website Jual Beli Mobil Online

Otomotif Jul 17, 2018 No Comments

Teknologi yang semakin canggih, bisnis yang semakin melebar, membuat orang berlomba-lomba untuk membuka usaha online. Sekarang saja untuk membeli kebutuhan sehari-hari bisa menafaatkan teknologi dengan berbelanja secara online, bahkan untuk membeli barang tersier pun bisa dilakukan secara online, contohnya saja untuk membeli mobil.

Membeli mobil sekarang bisa melalui online, bisa Anda lihat di mesin pencarian internet bahwa banyak sekali website jual beli mobil secara online, baik itu mobil baru ataupun bekas. Tentunya saja membuat Anda semakin mudah untuk mendapatkan barang bukan? Tapi disamping semua kemudahan yang disungguhkan kepada Anda, ada dampak buruknya, salah satunya adalah banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab dalam berbisnis.

Untuk itu Anda perlu lebih cermat untuk berbelanja online, terlebih jika harus membeli mobil secara online. Hal ini dilakukan agar Anda terminimalisir dari oknum yang tidak bertanggung jawab tadi, pihak yang hanya mencari keuntungan dari merugikan orang lain.

Tips pertama yang harus Anda perhatikan jika akan membeli mobil melalui website jual beli mobil secara oline adalah Anda harus memperhatikan alamat website tersebut. Jika Anda menemukan website yang berdomain gratis seperti menggunakan blogspot.com, worpress.com, multiply.com dan lain sebagainya, Anda harus waspada karena dikategorikan oleh masyarakat sebagai alamat website yang tidak sah dan cenderung terjadi kasus-kasus penipuan di dalamnya, meskipun tidak semuanya.

Lebih baik Anda berhati-hati meski pun tidak semua website online yang berdomain gratis itu menjadi tempat penipuan, tapi tidak ada salahnya jika Anda mencari referensi lain. Perlu Anda ketahui juga, bahwa pada umumnya website online tersebut memiliki toko offline yang beroperasi, untuk itu Anda juga bisa memastikan apakah website yang Anda kunjungi itu memiliki dealer atau showroom mobil secara offline.

Selain alamat website yang harus Anda perhatikan, hal lain yang tidak luput dalam memilih website jual beli mobil secara online adalah komunikasi dengan customer servicenya. Biasanya dalam website akan dicantumkan kontak informasi untuk menghubungi customer service dari website online, atau alamat email perusahaan yang menjual mobil-mobil tersebut secara online. Itu menandakan bahwa website tersebut benar adanya dengan mencantumkan kontak yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Setelah itu, perhatikan juga produk mobil yang dijualnya. Jangan karena harga yang murah Anda mudah tergiur. Cek kembali harga mobil di pasaran dan spesifikasi mobil, jika diperlukan Anda konsultasi pada pihak ketiga yang mengetahui banyak mengenai mobil dan harganya. Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah sehingga Anda tidak memperhatikan spesifikasi dari mobil yang akan dibeli tersebut.

Anda juga bisa memperhatikan informasi yang dimasukkan ke dalam website apakah lengkap dan masuk di akal, terlebih jika itu website jual beli mobil. Website yang baik biasanya akan mencantumkan informasi produk dan perusahaan serta kontak yang bisa dihubungi secara lengkap. Sehingga Anda bisa mengeceknya melalui referensi yang telah diberikan di menu website. Hal-hal yang bisa Anda cermati dalam membeli mobil secara online menjadi penghalang Anda untuk mendapatkan kerugian.

Sebagai konsumen Anda perlu cerdas dan teliti dalam memilih website ketika berbelanja online dan pastikan semuanya benar-benar sesuai dengan apa yang Anda perlukan. Tidak ada salahnya berhati-hati dan cermat dalam membeli mobil secara online. Karena kepraktisan tidak membuat Anda harus lengah.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply