Menghitung Volume Bangun Prisma Segitiga Dengan Rumus Dan Contohnya

Pengertian Bangun Prisma

Bangun prisma adalah bangun ruang yang terdiri dari dua buah bidang alas yang sejajar dan ketinggian yang sama panjang. Jumlah sisi rusuk pada bangun prisma tergantung pada banyaknya sisi pada bidang alas. Jika bidang alas berbentuk segitiga, maka rusuk-rusuk prisma akan berjumlah 9 buah, sedangkan jika bidang alas berbentuk segiempat, maka rusuk-rusuk prisma akan berjumlah 8 buah.

Volume bangun prisma dapat dihitung dengan menggunakan rumus dasar matematika. Rumus yang digunakan untuk menghitung volume prisma yaitu V = Luas alas x Tinggi prisma. Untuk mempermudah perhitungan, akan dibahas cara menghitung volume bangun prisma dengan menggunakan contoh-contoh dan penjelasan yang jelas.

Cara Menghitung Volume Bangun Prisma

CARA MENGHITUNG VOLUME PRISMA SEGITIGA

Berikut adalah cara menghitung volume bangun prisma secara detail:

1. Tentukan luas alas

Langkah pertama dalam menghitung volume prisma adalah menentukan luas alas prisma. Luas alas prisma dapat ditentukan dengan mengalikan panjang dan lebar bidang alas. Misalnya, jika bidang alas berbentuk segitiga dengan panjang alas 10 cm dan lebar alas 8 cm, maka luas alas prisma adalah sebagai berikut:

Luas alas = 0.5 x panjang alas x lebar alas
Luas alas = 0.5 x 10 cm x 8 cm
Luas alas = 40 cm2

Dalam contoh di atas, luas alas prisma adalah 40 cm2.

2. Tentukan tinggi prisma

Setelah menentukan luas alas, langkah selanjutnya adalah menentukan tinggi prisma. Tinggi prisma adalah jarak antara dua bidang alas yang sejajar. Misalnya, jika tinggi prisma adalah 12 cm, maka tinggi prisma adalah sebagai berikut:

TRENDING:  Hitunglah Volume Bangun Prisma Segitiga Dengan Rumus Luas Alas Dan Tinggi Prisma

Tinggi prisma = 12 cm

3. Hitung volume prisma

Setelah menentukan luas alas dan tinggi prisma, langkah selanjutnya adalah menghitung volume prisma. Volume prisma dapat dihitung dengan menggunakan rumus V = Luas alas x Tinggi prisma. Misalnya, jika luas alas prisma adalah 40 cm2 dan tinggi prisma adalah 12 cm, maka volume prisma adalah sebagai berikut:

V = Luas alas x Tinggi prisma
V = 40 cm2 x 12 cm
V = 480 cm3

Dalam contoh di atas, volume prisma adalah 480 cm3.

Contoh Soal Menghitung Volume Bangun Prisma

Berikut adalah beberapa contoh soal menghitung volume bangun prisma:

Contoh Soal 1

Sebuah prisma berbentuk segitiga memiliki panjang alas 10 cm dan lebar alas 8 cm. Tinggi prisma adalah 12 cm. Berapa volume prisma tersebut?

Penyelesaian:

Luas alas = 0.5 x panjang alas x lebar alas
Luas alas = 0.5 x 10 cm x 8 cm
Luas alas = 40 cm2

Tinggi prisma = 12 cm

V = Luas alas x Tinggi prisma
V = 40 cm2 x 12 cm
V = 480 cm3

Jadi, volume prisma tersebut adalah 480 cm3.

Contoh Soal 2

Sebuah prisma berbentuk segiempat memiliki panjang alas 12 cm dan lebar alas 6 cm. Tinggi prisma adalah 8 cm. Berapa volume prisma tersebut?

Penyelesaian:

Luas alas = panjang alas x lebar alas
Luas alas = 12 cm x 6 cm
Luas alas = 72 cm2

Tinggi prisma = 8 cm

V = Luas alas x Tinggi prisma
V = 72 cm2 x 8 cm
V = 576 cm3

Jadi, volume prisma tersebut adalah 576 cm3.

Kesimpulan

Volume bangun prisma dapat dihitung dengan menggunakan rumus dasar matematika. Rumus yang digunakan untuk menghitung volume prisma yaitu V = Luas alas x Tinggi prisma. Untuk menghitung volume prisma, pertama-tama harus menentukan luas alas dan tinggi prisma terlebih dahulu. Luas alas prisma dapat ditentukan dengan mengalikan panjang dan lebar bidang alas, sedangkan tinggi prisma adalah jarak antara dua bidang alas yang sejajar. Setelah menentukan luas alas dan tinggi prisma, selanjutnya adalah menghitung volume prisma dengan menggunakan rumus V = Luas alas x Tinggi prisma.

TRENDING:  Hitunglah Volume Bangun Prisma Segitiga Dengan Rumus Luas Alas Dan Tinggi Prisma