Rumus Trapesium Siku-Siku: Menghitung Luas Dan Keliling Dengan Mudah

Trapesium siku-siku merupakan salah satu bentuk bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan dua pasang sudut yang sama besar. Bangun datar ini seringkali digunakan dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, dan teknik sipil. Di dalam matematika, trapesium siku-siku sering dijadikan bahan pembelajaran dalam geometri. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas tentang rumus trapesium siku-siku serta cara menghitungnya.

Definisi Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku atau yang juga dikenal dengan trapesium tegak merupakan salah satu jenis trapesium yang memiliki dua pasang sudut siku-siku dan dua pasang sisi sejajar. Trapesium siku-siku memiliki sifat-sifat khusus yang membedakannya dari trapesium biasa. Salah satu sifat khusus dari trapesium siku-siku adalah garis tingginya yang selalu membagi trapesium menjadi dua segitiga siku-siku yang kongruen. Selain itu, trapesium siku-siku juga memiliki panjang sisi-sisi yang dapat dihitung menggunakan rumus tertentu.

Rumus Trapesium Siku-Siku

Rumus Trapesium Siku Siku: Keliling, Luas, dan Contoh Soalnya

Rumus trapesium siku-siku sangat penting untuk diketahui karena dapat digunakan untuk menghitung berbagai nilai pada bangun datar ini. Beberapa nilai yang dapat dihitung menggunakan rumus trapesium siku-siku antara lain adalah luas, keliling, dan panjang garis tinggi. Berikut ini adalah rumus trapesium siku-siku secara lengkap:

1. Rumus Luas

Luas trapesium siku-siku dapat dihitung dengan cara mengalikan setengah dari jumlah sisi sejajar dengan tinggi trapesium. Rumus luas trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

L = 1/2 x (a+b) x t

Keterangan:

L = luas trapesium siku-siku
a = panjang sisi sejajar 1
b = panjang sisi sejajar 2
t = tinggi trapesium

2. Rumus Keliling

Keliling trapesium siku-siku dapat dihitung dengan cara menambahkan seluruh sisi trapesium. Rumus keliling trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

TRENDING:  Belajar Matematika: Rumus Siku Siku Dan Cara Menghitungnya Dengan Mudah

K = a + b + c + d

Keterangan:

K = keliling trapesium siku-siku
a, b, c, d = panjang sisi trapesium

3. Rumus Panjang Garis Tinggi

Panjang garis tinggi trapesium siku-siku dapat dihitung dengan cara menghitung nilai rata-rata dari kedua sisi sejajar dan kemudian membagi luas trapesium dengan nilai rata-rata tersebut. Rumus panjang garis tinggi trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

h = 2L / (a+b)

Keterangan:

h = panjang garis tinggi trapesium siku-siku
L = luas trapesium siku-siku
a, b = panjang sisi sejajar trapesium

Cara Menghitung Trapesium Siku-Siku

Setelah mengetahui rumus trapesium siku-siku, selanjutnya adalah mempelajari cara menghitungnya. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menghitung trapesium siku-siku, yaitu sebagai berikut:

1. Menghitung Luas

Langkah pertama dalam menghitung trapesium siku-siku adalah dengan menghitung luasnya. Luas trapesium siku-siku dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya. Contoh soal untuk menghitung luas trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

Diketahui sebuah trapesium siku-siku dengan panjang sisi sejajar 10 cm dan 8 cm serta tinggi 6 cm. Hitunglah luas trapesium siku-siku tersebut!

Penyelesaian:

L = 1/2 x (a+b) x t

L = 1/2 x (10+8) x 6

L = 1/2 x 18 x 6

L = 54 cm2

Jadi, luas trapesium siku-siku tersebut adalah 54 cm2.

2. Menghitung Keliling

Setelah mengetahui luas trapesium siku-siku, langkah selanjutnya adalah menghitung kelilingnya. Keliling trapesium siku-siku dapat dihitung dengan menjumlahkan semua sisi trapesium. Contoh soal untuk menghitung keliling trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

Diketahui sebuah trapesium siku-siku dengan panjang sisi a = 7 cm, b = 9 cm, c = 6 cm, dan d = 8 cm. Hitunglah keliling trapesium siku-siku tersebut!

Penyelesaian:

K = a + b + c + d

K = 7 + 9 + 6 + 8

K = 30 cm

Jadi, keliling trapesium siku-siku tersebut adalah 30 cm.

3. Menghitung Panjang Garis Tinggi

Langkah terakhir dalam menghitung trapesium siku-siku adalah menghitung panjang garis tingginya. Panjang garis tinggi trapesium siku-siku dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya. Contoh soal untuk menghitung panjang garis tinggi trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

TRENDING:  Menghitung Luas Dan Keliling Trapesium Siku-Siku: Panduan Lengkap Untuk Menghitung Keliling Trapesium Siku-Siku Dengan Rumus Yang Tepat.

Diketahui sebuah trapesium siku-siku dengan panjang sisi sejajar 6 cm dan 10 cm serta luas 36 cm2. Hitunglah panjang garis tinggi trapesium siku-siku tersebut!

Penyelesaian:

h = 2L / (a+b)

h = 2 x 36 / (6+10)

h = 72 / 16

h = 4,5 cm

Jadi, panjang garis tinggi trapesium siku-siku tersebut adalah 4,5 cm.

Kelebihan dan Kekurangan Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui. Beberapa kelebihan dari trapesium siku-siku antara lain:

1. Memiliki garis tinggi yang membagi trapesium menjadi dua segitiga siku-siku yang kongruen. Hal ini memudahkan dalam menghitung luas trapesium siku-siku.

2. Dapat digunakan dalam perhitungan bangun ruang, terutama pada bangun-bangun yang memiliki bidang alas berbentuk trapesium siku-siku.

Namun, trapesium siku-siku juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

1. Hanya dapat digunakan pada bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar yang sama panjang.

2. Sifat-sifat khususnya yang membuat trapesium siku-siku sulit digunakan dalam perhitungan jika salah satu sudut atau sisi tidak diketahui.

Kesimpulan

Trapesium siku-siku adalah salah satu bentuk bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan dua pasang sudut siku-siku. Bangun datar ini memiliki sifat-sifat khusus yang membedakannya dari trapesium biasa, seperti garis tinggi yang membagi trapesium menjadi dua segitiga siku-siku yang kongruen. Trapesium siku-siku juga memiliki rumus-rumus yang dapat digunakan untuk menghitung berbagai nilai seperti luas, keliling, dan panjang garis tinggi. Oleh karena itu, trapesium siku-siku sangat penting dalam bidang matematika, fisika, dan teknik sipil.