Rumus Segitiga Siku-Siku: Cara Mudah Untuk Menghitung Sisi Miring Dan Sudut Dengan Presisi Tinggi

Rumus Segitiga Siku-Siku dan Cara Menghitungnya

Segitiga siku-siku adalah segitiga yang memiliki satu sudut yang besarnya 90 derajat. Rumus segitiga siku-siku adalah salah satu rumus dasar dalam matematika yang dapat digunakan untuk menghitung berbagai macam hal dalam segitiga siku-siku, seperti panjang sisi, tinggi, dan luas.

Berikut ini adalah rumus segitiga siku-siku beserta cara menghitungnya.

1. Menentukan Sisi-Sisi Segitiga

Rumus Segitiga Siku-siku dan Contoh Soalnya, Siswa Wajib Tahu

Langkah pertama dalam menghitung segitiga siku-siku adalah menentukan sisi-sisi segitiga. Sisi-sisi segitiga siku-siku terdiri dari sisi miring, sisi tegak, dan sisi alas. Sisi miring adalah sisi yang bersebrangan dengan sudut lancip, sisi tegak adalah sisi yang bersebrangan dengan sudut 90 derajat, dan sisi alas adalah sisi yang bersebrangan dengan sudut tumpul.

2. Menghitung Panjang Sisi Miring

Setelah mengetahui sisi-sisi segitiga siku-siku, langkah selanjutnya adalah menghitung panjang sisi miring. Panjang sisi miring dapat dihitung dengan menggunakan rumus Pythagoras, yaitu:

c = √(a² + b²)

Dimana c adalah panjang sisi miring, a adalah panjang sisi tegak, dan b adalah panjang sisi alas.

Contoh:
Diketahui sisi tegak sebesar 3 cm dan sisi alas sebesar 4 cm, maka panjang sisi miring dapat dihitung sebagai berikut:

c = √(3² + 4²) = √(9 + 16) = √25 = 5 cm

Jadi, panjang sisi miring pada segitiga siku-siku dengan sisi tegak sebesar 3 cm dan sisi alas sebesar 4 cm adalah 5 cm.

3. Menghitung Tinggi Segitiga

Setelah mengetahui panjang sisi miring, langkah selanjutnya adalah menghitung tinggi segitiga. Tinggi segitiga adalah jarak antara sisi alas dan sudut tegak pada segitiga siku-siku. Tinggi segitiga dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

TRENDING:  Belajar Mudah Rumus Segitiga Siku Siku: Teorema Pythagoras

t = (a x b) / c

Dimana t adalah tinggi segitiga, a adalah panjang sisi tegak, b adalah panjang sisi alas, dan c adalah panjang sisi miring.

Contoh:
Diketahui sisi tegak sebesar 6 cm dan sisi alas sebesar 8 cm, maka tinggi segitiga dapat dihitung sebagai berikut:

t = (6 x 8) / 10 = 48 / 10 = 4,8 cm

Jadi, tinggi segitiga pada segitiga siku-siku dengan sisi tegak sebesar 6 cm dan sisi alas sebesar 8 cm adalah 4,8 cm.

4. Menghitung Luas Segitiga

Setelah mengetahui tinggi segitiga, langkah selanjutnya adalah menghitung luas segitiga. Luas segitiga dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

L = 1/2 x a x t

Dimana L adalah luas segitiga, a adalah panjang sisi tegak, dan t adalah tinggi segitiga.

Contoh:
Diketahui sisi tegak sebesar 5 cm dan tinggi segitiga sebesar 4 cm, maka luas segitiga dapat dihitung sebagai berikut:

L = 1/2 x 5 x 4 = 10 cm²

Jadi, luas segitiga pada segitiga siku-siku dengan sisi tegak sebesar 5 cm dan tinggi segitiga sebesar 4 cm adalah 10 cm².

Kesimpulan

Rumus segitiga siku-siku adalah rumus dasar dalam matematika yang digunakan untuk menghitung berbagai macam hal dalam segitiga siku-siku, seperti panjang sisi, tinggi, dan luas. Untuk menghitung panjang sisi miring, dapat digunakan rumus Pythagoras. Sedangkan untuk menghitung tinggi segitiga, dapat digunakan rumus (a x b) / c. Dan untuk menghitung luas segitiga, dapat digunakan rumus 1/2 x a x t. Dengan memahami rumus segitiga siku-siku dan cara menghitungnya, kita dapat lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segitiga siku-siku.